View Single Post
Old 4th November 2014, 08:53 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Lengkapi Izin, Jet Arab Saudi yang Sempat Disergap Sukhoi TNI AU 'Dilepas'

Quote:
Jakarta - Pesawat Sukhoi TNI AU menyergap pesawat jet dari Arab Saudi yang dipaksa mendarat di Bandara El Tari Kupang karena dokumen terbangnya tak lengkap. Setelah dokumen perizinan dilengkapi, jet tersebut diperbolehkan kembali terbang ke tujuan awal.

"Senin malam tadi pesawatnya sudah terbang ke Australia," ujar Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto ketika dikonfirmasi, Selasa (4/11/2014).

Pesawat asing tersebut terbang dari Singapura hendak menuju Australia pada Senin kemarin. Jenisnya Gulfstream IV dengan no pesawat HZ-103.

Pesawat itu disergap pada jarak 150 km timur laut Kupang pada ketinggian 41 ribu kaki dan kecepatan 450 knots oleh flight Sukhoi dari Makassar. Akhirnya pesawat tersebut berhasil diturunkan paksa sekitar pukul 13.30 WIB di Lanud El Tari Kupang.

Apakah pesawat tersebut dikenai sanksi administrasi? Hadi mengatakan hal itu merupakan kewenangan dari penyidik PPNS. Pihak TNI AU hanya bertanggung jawab terhadap teritorial udara.

"Mengenai administasi begitu PPNS ya. Yang jelas sudah bisa terbang karena dokumen perizinan sudah dilengkapi," kata Hadi.

Pesawat dari Darwin Juga Sudah Dilepas

Pada Rabu pekan lalu, TNI AU juga melakukan intersep terhadap pesawat ringan jenis beechcraft yang dipiloti Graeme Paul Jackline dan kopilot Richard Wayne McLean. Pesawat yang terbang dari Darwin, Australia dengan tujuan Filipina ini tidak memiliki izin resmi.

Hadi mengatakan pesawat ringan tersebut juga sudah dilepas pada hari Jumat pekan lalu. "Sudah bisa terbang dua hari kemudian, karena sudah melengkapi izin," kata Hadi.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(fjr/dha)
http://news.detik.com/read/2014/11/0...ilepas?9922032
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links