View Single Post
Old 6th November 2014, 09:47 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Jokowi Bangun 11 Waduk dari Dana Pengalihan Subsidi



Dana sebesar Rp23,2 triliun akan dianggarkan tahun 2015. Dana itu untuk pembangunan waduk dan irigasi yang berasal dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo usai melakukan peletakan batu pertama Bendungan Irigasi Bendoro Belawa di Desa Mojong Kecamatan Watansidenreng Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Rabu (5/6/2014).

"Dana dari Kementan Rp15 triliun untuk membangun 25 sampai 30 bendungan irigasi. Sedangkan sisanya Rp8,2 triliun dari Kementerian PU untuk membangun 11 waduk di tahun 2015," tambahnya.

Jokowi menjelaskan, pembangunan waduk di tahun 2015 akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama sebanyak lima waduk, yakni di Aceh, Banten, Sulawesi Utara, Kudus Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Timur.

"Sisanya enam waduk akan mulai dibangun Juli tahun depan. Doakan semuanya berjalan lancar agar bisa memenuhi kebutuhan air petani kita," tuturnya.

Jokowi mengatakan, dana pembangunan waduk dan irigasi itu nantinya berasal dari dana pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). "Belum ditentukan waktunya naik. Sekarang kita urus irigasi dan waduk. Tapi yang pasti uangnya dari pengalihan subsidi BBM, tegas Jokowi.

Jokowi menambahkan, Indonesia harus bisa swasembada beras paling lambat dalam tiga tahun ke depan. Jokowi memperkirakan pada tahun kedua impor beras sudah bisa terhenti.

"Dalam tiga tahun jika semua berjalan lancar, kenaikan produksi pangan akan mencapai 30 persen dari sekarang. Selain beras, jagung dan kedelai juga harus swasembada. Soalnya ketiga produk pertanian itu jumlah dan nilai impornya cukup tinggi selama ini,"papar Jokowi.



SUMBER
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links