View Single Post
Old 6th November 2014, 12:43 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Curhat Pengusaha Minyak: Persyaratan Izin Perlu 600.000 Lembar



Quote:
Jakarta -Mencari minyak dan gas bumi (Migas) di Indonesia tidak mudah, salah satu hambatannya adalah birokrasi yang sangat panjang dan memakan waktu. Persyaratan izin saja memerlukan 600.000 lembar!

"Tantangan yang dihadapi oleh industri migas saat ini adalah banyaknya peraturan yang menghambat investasi Migas, rumitnya birokrasi dan banyaknya perizinan yang harus didapatkan," ungkap Presiden Indonesia Petroleum Association (IPA) Lukman Mahfoedz kepada detikFinance, Kamis (6/11/2014).

Lukman mengatakan, Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) telah mencatat ada 69 jenis izin di sektor hulu migas yang meliputi 284 proses perizinan dari awal eksplorasi sampai mulai produksi migas.

"284 proses perizinan itu melibatkan 17 instansi pemerintah, selama periode dimulainya kegiatan eksplorasi sampai dengan dimulainya produksi minyak/gas. Persyaratan perizinan bisa mencapai 600.000 lembar," tegas Lukman.

Ia menambahkan, perusahaan minyak tidak terlalu mempermasalahkan banyaknya perizinan jika itu memang sudah keharusan, namun lama waktu pengurusan dan panjangannya rantai birokrasi sangat menghambat investasi persahaan migas.

"Tentu saja dengan jumlah jenis izin dan proses perijinan yang banyak tersebut memakan waktu lama, sehingga proses monetisasi cadangan migas juga memerlukan waktu yang lebih lama," katanya.

"Kami juga tidak memasalahkan biaya mendapatkan izin tersebut, tetapi lebih kepada waktu dan tenaga kerja yg terbuang dan tidak effektif untuk mendapatkan perizinan tersebut," tutupnya.

(rrd/ang)
http://finance.detik.com/read/2014/1...-600000-lembar
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links