View Single Post
Old 7th November 2014, 01:17 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default 52% Rumah Tangga di Indonesia Tak Punya Tabungan



Quote:
Surabaya -Bank Indonesia (BI) mencatat masih minimnya masyarakat Indonesia yang terakses sistem keuangan. Lebih dari setengah dari total rumah tangga di Indonesia belum punya tabungan sama sekali. Akses yang sulit ke sektor keuangan menjadi penyebabnya.

Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah menyebutkan, hasil survey neraca rumah tangga BI tahun 2012, hanya 48% dari total rumah tangga di Indonesia yang punya tabungan di bank, lembaga keuangan non bank, dan non lembaga keuangan.

Dengan kata lain, masih ada 52% rumah tangga di Indonesia yang belum memiliki tabungan sama sekali.

Hal ini sejalan dengan survey World Bank tahun 2010 yang menyebutkan, di Indonesia akses terhadap jasa keuangan formal hanya tersedia bagi setengah penduduk Indonesia. 32% dari penduduk Indonesia bahkan tidak memiliki tabungan baik di sektor formal maupun informal dan masuk ke dalam kategori financially excluded.

"Banyak alasan mengapa masih terdapat kelompok masyarakat yang belum memiliki akses kepada perbankan atau lembaga keuangan, salah satunya karena alasan jarak yang jauh dari tempat tinggak ke kantor bank," ujar Halim saat acara seminar Peranan Islamic Financial Inclusion Dalam Mendorong Pembangunan Ekonomi dan Upaya Pengentasan Kemiskinan, di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (7/11/2014).

Halim menjelaskan, dari sisi financial literacy survey BI di tahun 2012 serta hasil survey World Bank tahun 2010 memberikan kesimpulan bahwa masih diperlukan peningkatan pengetahuan keuangan dan perbankan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Dia mengungkapkan, masih banyak masyarakat Indonesia merasa kesulitan mengakses layanan perbankan baik dalam bentuk tabungan maupun perolehan kredit
http://finance.detik.com/read/2014/1...punya-tabungan
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links