View Single Post
Old 7th November 2014, 05:30 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Kemenhan Siapkan 3 Kapal Selam Penjaga Laut Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sejak awal sudah mencanangkan Indonesia akan menjadi poros maritim dunia. Berbagai persiapan sudah disiapkan untuk mewujudkan agenda itu. Di antaranya membentuk Menteri Koordinator Kemaritiman yang khusus mengelola potensi maritim di Indonesia.

Tak hanya mengelola, menjaga wilayah laut Indonesia juga menjadi fokus utama pemerintahan Jokowi. Untuk penjagaan, Kementerian Pertahanan tengah menyiapkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) baru, salah satunya kapal selam.

"Kita akan membuat kapal selam. Jumlahnya 3 unit. Dua kapal kerja sama dengan Korea Selatan dan 1 unit lagi kita buat sendiri," kata [Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu] usai membuka pameran alutsista atau Indo Defence 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Satu kapal selam lokal yang disebut Ryamizard tengah dibuat di Banyuwangi, Jawa Timur. Ryamizard mengatakan, upaya itu untuk memaksimalkan produk dalam negeri, mengingat industri pertahanan dalam negeri sudah kembali menggeliat.

Menurut Ryamizard, ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan membuat alutsista di dalam negeri. Salah satunya pemerintah dapat menetapkan prioritas terhadap [alutsista] yang akan dibuat. "Kemudian ke depan kita akan buat sendiri. Kalau sudah buat sendiri apapun kita laksanakan," ujar purnawiawan jenderal TNI bintang 4 itu. (Mut)

Sumber : https://id.berita.yahoo.com/kemenhan...050841173.html
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links