View Single Post
Old 8th November 2014, 12:11 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Produk Startup Asli Indonesia yang Sudah Mendunia

Quote:
Siapa bilang orang Indonesia tidak bisa menjadi pemilik perusahaan yang mampu dikenal secara global? Buktinya saat ini banyak startup atau perusahaan yang terbilang baru sudah mampu berkembang secara baik di Indonesia dan juga mampu bersaing di kanca global. Tidak mudah memang, selain harus pintar mencari peluang, menimba ilmu, mereka juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi yang sangat cepat ini. Lalu apa saja produk asli startup Indonesia yang sudah dikenal secara global?




1. Kaskus.co.id
Siapa yang tidak tahu Kaskus? Salah satu sosial media dan juga menjadi portal diskusi bagi masyarakat Indonesia ini sudah sangat akrab dengan dunia digital. Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan juga Budi Dharmawan yang memang asli orang Indonesia pada saat itu sedang menempuh bangku kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Dari yang awalnya hanya sebagai media untuk komunitas kecil yang bertujuan untuk memudahkan para pelajar Indonesia saat itu untuk berkomunikasi, kini Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna aktif. Kaskus menjadi tempat buat anak muda sampai orang dewasa saling memposting informasi, berjualan, sampai mencari pekerjaan. Kini Kaskus sudah menjadi sebuah sosial media yang sukses berkembang baik di Indonesia juga di luar Indonesia.

2. Bukalapak.com
BukaLapak adalah salah satu marketplace yang sukses berkembang di Indonesia. Produk startup asli Indonesia ini ternyata hasil dari wisudawan ITB. Achmad Zaky yang awalnya memiliki sebuah usaha mie namun mengalami kegagalan, kini telah menjadi seorang bos dari sebuah startup besar Indonesia. Pria yang lahir di Sragen, Jawa Tengah ini juga terus menyemangati anak muda untuk memulai segera startup yang ingin mereka miliki.

3. Indowebster.com
Siapa sangka pria yang dulunya merupakan seorang ahli pembajakan sistem atau hacker saat kuliah di Malaysia bernama Acong asli Indonesia adalah pemilik dari situs forum terbesar di Indonesia yaitu Indowebster.com. Menjadi salah satu mahasiswa yang kala itu putus kuliah, pria bernama asli Juny Maimun juga sempat mendirikan sebuah warnet hybrid di Jakarta. kemudian ia bertransformasi menjadi seorang pendiri sekaligus CE dari website file hosting multimedia asli Indonesia.

4. Tiket.com
Jika Anda sering memesan tiket kereta, pesawat bahkan hotel di Indonesia melalui Tiket.com, maka itu adalah hasil dari kerjakeras seorang Natali Ardianto. CEO Tiket.com ini adalah lulusan dari program teknologi informasi di Universitas Indonesia. Awalnya ia mendirikan sebuah startup bersama teman – temannya dengan nama Urbanesia, namun ia kemudian keluar setelah 2 tahun bersama dengan teman – temannya. Kemudian ia juga sempat menjadi CEO dari Golfnesi, namun lagi – lagi ia memutuskan keluar, karena dirasa sulit berkembang. Dan kini ia sukses mendirikan Tiket.com.

5. Biznet
ISP di Indonesia memang sangat banyak, termasuk salah satu yang didirikan oleh Adi Kusma, yaitu Biznet. Sebelum mendirikan dan menjalani bisnis di Indonesia, ia sempat bekerja sebagai programmer di Amerika dan mengambil kursus di Microsoft. Karena ingin total, ia mengambil kursus yang mempelajari industri ISP secara mendalam. Ia bahkan memiliki pekerjaan sampingan yaitu membuka “laboratorium ISP” pada saat menjadi programmer full time. Adi yang ingin total baru kembali dan membangun Biznet setelah ia cukup yakin teknologi yang ia pelajari mampu tumbuh dan berkembang di Indonesia.

6. Nulisbuku
Siapa bilang pendiri startup besar hanya didominasi oleh kaum adam? Aulia “Ollie” Halimatussaidah adalah seorang wanita berprestasi yang mendirikan sebuah startup bernama NulisBuku. Sejak SMA ia memang bercita – cita memiliki website terbaik, hingga ia mengambil jurusan TI dan sempat bekerja sebagai web developer setelah ia lulus. Selain memiliki kemampuan dalam bidang IT, ia juga didukung oleh minat membaca dan menuliskan serta terinspirasi dari pengalaman yang sempat mengalami kesulitas saat ingin menerbitkan buku. Hingga pada akhirnya Ollie mendirikan sebuah startup bernama NulisBuku, platform self-publishing online pertama di Indonesia. Yang bertujuan untuk membantu para penulis untuk mencetak dan menerbitkan sendiri buku mereka.

7. Mindtalk
Menjadi lulusan Amerika Serikat dan pernah menjadi direktur seni di Adobe, Danny Wirianto sangat ahli mengembangkan kemampuannya di bidang seni rupa. Ia sempat bekerja di industri periklanan dan membuat sebuah agen iklan sendiri, bernama SemutApi Colony. Namun kini ia mulai membangun dan mengembangkan sebuah startup sosial yaitu Mindtalk.

8. PriceArea
Tidak ada yang menyangkal bahwa anak daerah juga bisa sukses menjadi pengusaha dan pemilik startup sukses di Indonesia. Andry salah satunya, pria asal Bangka ini pernah bersekolah di Jakarta dan juga di Singapura. Hingga melanjutkan kuliah di Los Angeles, Amerika Serikat. Menjadi seorang enterpreneur bukan lagi hal baru bagi Andry, sekalipun harus berkali – kali gagal. Namun pada tahun 2008, ia membangun sebuah startup bernama PriceArea.com. Startup ini membantu setiap orang menemukan penawaran terbaru secara online.

9. Disdus
Menjadi salah satu co-founder dari perusahaan besar dan startup Disdus bukanlah hal yang mudah diraih oleh Jason. Sebelumnya ia sempat menempuh pendidikan di Amerika Serikat, hingga mendapatkan tawaran bekerja di Wall Street Amerika Serikat dan McKinsey di Indonesia. Namun jiwa enterpreneur yang ia miliki membawanya kembali ke Indonesia dan mengembangkan website Daily Deal Disdus.

10. Magnivite Group
Kevin Mintaraga adalah seorang yang sangat tertarik dalam bidang pemasaran. Ia juga dikaruniai kemampuan untuk melihat peluang yang ada di ranah ini. Berbagai riset ia lakukan, hingga pada akhirnya ia mendirikan sebuah startup bernama Magnivite Group, yaitu sebuah digital agency di Indonesia. Pada tahun 2012 lalu, Magnivite Group telah diakuisisi oleh WPP, sebuah perusahaan periklanan dan digital marketing terbesar di dunia. Dan saat ini sudah berganti nama menjadi XM Gravity.

Nah, 10 diatas adalah contoh dari para #PahlawanDigital di era modernisasi dan teknologi seperti saat ini. Tidak mudah bagi mereka mendirikan dan mengembangkan sebuah startup kecil sampai mampu mendunia. Dan contoh diatas bisa menjadi motivasi bagi Anda yang saat ini sedang ingin mendirikan dan sedang mengembangkan startup.
sumber: http://mediabisnisonline.com/produk-...hlawandigital/

Selanjutnya.......... forumku.com bakal menyusul!
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links