View Single Post
Old 8th November 2014, 10:30 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default UU Desa Butuh Dana Rp100 Triliun

Quote:
SURABAYA - ‪Untuk mengimplementasi Undang Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp100 triliun. Berdasarkan UU tersebut, salah satu komitmen besar untuk mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat.


Sesuai data Kementerian Dalam Negeri 2013, tercatat jumlah administrasi desa mencapai 72.944 dan administrasi kelurahan sebanyak 8.309, sehingga total desa-kelurahan saat ini sejumlah 81.253 desa-kelurahan. Sebanyak kurang lebih 32.000 desa di antaranya masuk dalam arsiran daerah yang memerlukan perhatian khusus dimana sebagian besar berada di wilayah timur Indonesia.

"Menurut UU Desa ada sejumlah dana yang harus dijadikan dana transfer ke desa, kalau dihitung dan 2014 dijadikan patokan, maka sekitar Rp100 triliun yang harus dikucurkan pemerintah. Tentu kalau APBN naik, uangnya akan naik," jelas Koordinator Kelompok Kerja Kebijakan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Suahasil Nazara saat ditemui di Surabaya, Jumat (7/11/2014).

Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk penmbangunan desa dan penyelenggaraan di tingkat desa. Dia menjelaskan, diatur oleh komunitas desa itu sendiri.

"Ini kita harapkan bisa dipake secara bijak, salah satunya dengan menggunakan sistem perbankan, misal 30 persen dari anggaran digunakan untuk gaji, gajinya bayar lah lewat bank," jelasnya.

Terkait dengan pembangian anggaran, pihaknya menyebutkan bahwa hal tersebut masih dalam proses penggodokan.

"Nanti tiap desa ada hitungannya, ini yang sedang dirumuskan, per provinsi dan kabupaten sampai turun sampai ke desa-desa, Itu yang masih dirumuskan," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links