Thread: Ternak Kenari
View Single Post
Old 8th November 2014, 12:35 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 6 Nov 2014
Userid: 2810
Location: Malang
Posts: 17
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Smile Ternak Kenari

Sebelum memutuskan untuk beternak kenari , sebaiknya perlu kita pahami dulu tentang burung Kenari itu seperti apa dan persiapan awal sebelum kita beternak. Kenapa demikian ? belajar dari pengalaman tanpa adanya persiapan yang matang , akhirnya di tengah jalan jadi termehek - mehek karena permasalah waktu , biaya , dll.

Jenis Kenari
Patut kita pahami dulu Jenis - jeni kenari , kenapa demikian ? hal tersebut akan mempengaruhi biaya yang nantinya akan kita keluarkan. Di Indonesia Kenari banyak jenisnya mulai Jenis "Lokal , LOPER , AF , F1 , F2 , F3 , YS".

Anda bisa menentukan jenis kenari mana yang nantinya akan di ternak , sebaiknya mencari - cari informasi dahulu tentang jenis˛ kenari atau main˛ ke peternak kenari.

Waktu & Biaya
Sebelum ternak sebaiknya lihat dulu tujuan awal ternak kenari , sebagai usaha sampingan atau memang totalitas beternak. Ingat waktu dan tenaga manusia itu terbatas , jangan hanya karena ingin mengejar ke-untungan semata akhirnya beli kenari sebanyak - banyaknya , namun karena perawatan kurang maksimal akhirnya burung tidak bisa produksi. Jadi pertimbangkan waktu & tenaga anda agar burung bisa di rawat secara maksimal.

Berapa biaya yang dimiliki ? setelah mengetahui jenis kenari coba cari informasi harga tiap jenisnya karena biasanya tiap kota harganya beda - beda walau tdk terlalu besar. Biaya sebaiknya disiapkan tidak hanya untuk membeli indukan kenari saja namun untuk beli kandang ternak , pakan kenari selama belum produksi. Semisal punya dana 5jt , beli Indukan Kenari F1 dng asumsi harga sepasang 2jt , beli sangkar ternak 100rb , beli sangkar burung untuk indukan jantan jika indukan betina sedang mengerami 200rb , biaya pakan kenari untuk sebulan 100rb maka total 2jt + 100rb + 200rb + 100rb = 2,4jt biaya awal.Karena kebutuhan untuk ternak juga banyak ( wadah pakan , tangkringan , jerami , tempat burung betina utk bertelur ) maka dana 5 jt bisa direncanakan utk biaya kebutuhan selama 3 - 4 bulan awal beternak kenari.

Tempat
Di ruang mana nanti akan ternak kenari juga perlu dipersiapkan sejak awal
, jangan sampai segala persiapan sudah matang tempatnya tidak ada. Tempat bisa mempengaruhi kenari tersebut bereproduksi , dan menghidari dari gangguan hewan lainnya ( Tikus , Kucing ). Sebaiknya pilih tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik , terhindar dari hewan predator ( tikus , kucing , ular , dll) , terhindar dari tangan jahil , mudah mengeluarkan sangkar saat ingin menjemur , mudah saat membersihkan kandang. Dengan mempertimbangkan ruang untuk beternak , maka nantinya tidak bingung lagi cari tempat dan tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Memilih Indukan & Ternak
Setelah segala persiapan awal sudah matang , saatnya memilih Indukan. Untuk awal sebaiknya tidak perlu beli banyak˛ cukup 1 Indukan Pejantan dan 3 Indukan Betina. Pilih Indukan ke peternak daripada di pasar burung , karena jika beli di peternak bisa sambil belajar .

Sebelum memutuskan Beli Indukan , sebaiknya siapkan dulu sangkar dan perlengkapan lainnya .. sehingaa saat indukan sudah di rumah sudah siap masuk sangkar. Gak perlu repot˛ lagi beli ini .. itu dan lainnya .. hehehe

Rawatan harian kenari sebelum musim kawin sama seperti burung lainnya
- Mandi
- Jemur
- Pakan

Saat Indukan kenari betina sudah siap proses kawin , biasanya di tandai dengan membuat sarang untuk bertelor maka sudah bisa dilakukan penjodohan dengan mencampur Induk jantan dan betina. Kapan waktu yang tepat untuk mencampur ? tidak ada acuan yg pasti waktu yang tepat namun saya biasanya mencampur pada sore hari sktar pkl 16:00 dan memisah antara jantan & betina pkl 09:00 nanti dicampur lagi , sampai indukan betina terlihat mau bertelor.

sumber : pengalaman pribadi
Monggo di koreksi / ditambahi ... agar bisa saling berbagi
serbabayar is offline   Reply With Quote
Sponsored Links