View Single Post
Old 8th November 2014, 11:46 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Seharusnya Jokowi Bisa Bawa 120 Orang ke Beijing, Tapi Memilih 51 Saja



Quote:
akarta - Standar protokoler untuk rombongan kenegaraan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) sebetulnya berjumlah 120 orang. Namun presiden Joko Widodo demi alasan penghematan, hanya membawa 51 orang saja.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto saat ditanya soal alasan perampingan rombongan. Menurutnya, dengan jumlah orang yang ramping, acara diusahakan tetap berjalan normal.

"Standarnya kelas KTT 120 orang. Itu standar protokoler, tanpa wartawan," kata Andi saat ditemui usai makan malam di Hotel Kempinski, Beijing, Sabtu (8/11/2014). Hotel ini tempat menginap rombongan Indonesia selama mengikuti KTT APEC di Beijing.

Setelah berdiskusi panjang, akhirnya hanya 51 orang saja yang diikutkan dalam delegasi. Itu terdiri dari empat menteri, staf protokoler, Paspampres dan wartawan. Sejumlah pos yang biasanya diajak, kini tidak. Atau ada beberapa staf di bidangnya yang dikurangi.

"Misalnya dari perangkat ibu presiden itu hanya ikut ajudan, wapri dan satu membantu untuk juru rias," kata Andi.

Yang terlihat ramping memang dari staf protokoler, biro pers dan dokumentasi. Beberapa bidang lainnya seperti staf khusus tidak ada. Padahal sebelumnya bisa beberapa nama.

Bagaimana dengan pengamanan? Andi memastikan pengamanan tetap disesuaikan dengan standar. "Kalau pengamanan standarnya sama. Kalau KTT kan sebagian pengamanannya ada di panitia juga," jawabnya.
http://news.detik.com/read/2014/11/0...1-saja?9911012
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links