View Single Post
Old 9th November 2014, 10:24 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default PLTG Medco di Batam Hampir Rampung

Quote:
JAKARTA- PT Medco Power Indonesia (MPI) melalui anak perusahaannya PT Energi Listrik Batam (PT ELB) telah mencapai tahap penyelesaian pembangunan (mechanical completion) 2x35 megawatt (mw) Simple Cycle Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). Pembangunan ini, berlokasi di Tanjung Uncang, Batam.
Proyek ini, merupakan proyek yang dirancang untuk dapat dikembangkan menjadi Combined Cycle, sehingga total kapasitas listrik menjadi 110 mw. Demikian dilansir dari keterangan resmi PT Medco Power Indonesia, Sabtu (8/11/2014).

Hal ini, menyatakan bahwa PT ELB akan melakukan commercial operation date (COD), pada 31 Desember 2014. Guna mulai berperan dalam memasok listrik di Batam dan sekitarnya. Sesuai Perjanjian Jual Beli Tenaga Kelistrikan (PJBLT) yang telah disepakati dalam 20 tahun terhitung sejak COD.

Untuk investasi ini, telah dikucurkan dana sekira USD 66 juta yang untuk pemasangan dua unit Gas Turbine Generator (GTG) jenis Frame 6B dari GE Perancis yang telah selesai dilakukan dan hanya tinggal menunggu tahap uji coba.

Namun, untuk dapat mengoperasikan PLTG ini, PT ELB memutuskan untuk memasok gas dari PSC Blok A Natuna. Gas tersebut dialirkan melalui pipa bawah laut WNTS Tie-in ke Pulau Pemping, untuk selanjutnya melalui pipa yang tersambung sampai ke lokasi PLTG. Pasokan gas dari Natuna Blok A Premier Oil yang seharusnya untuk kelistrikan di Batam, saat ini justru dialihkan ke daerah lain dengan mekanisme swap.

Selan itu, Premier Oil yang belum melakukan pembangunan pipa dari WNTS Tie-In ke Pulau Pemping, membuat jaminan pasokan gas ke PT ELB masih menjadi pertanyaan dan belum adanya kepastian.

Kendati demikian, PT PLN Batam telah mengindikasikan untuk dapat menerima gas di Pulau Pemping dengan harga USD 7-7,5 per mmbtu, dengan tambahan biaya pengangkutan pipa, harga gas di PLTG Tanjung Uncang akan sekitar USD8,3–USD8,8/per mmbtu. Meskipun, hingga saat ini kabarnya PT PLN Batam dan PGN belum mencapai kesepakatan untuk harga jual gas.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links