View Single Post
Old 10th November 2014, 09:14 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Menkes Minta Layanan Puskesmas di Indonesia Proaktif




Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Farid Moeloek mengatakan, Puskesmas harus proaktif memberikan pelayanan kesehatan.

Bahkan dokter spesialis mata ini menyebutkan petugas Puskesmas bisa langsung mendatangi masyarakat dengan menjemput bola.

"Di Puskesmas harus proaktif jangan hanya duduk, jangan hanya menunggu pasien, datangi masyarakat dong, kita lihat yuk airnya gimana," jelasnya dalam diskusi dengan tema 'Sudah Mampukah Kita Mencapai Akses Air Bersih dan Sanitasi melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di era MDGs' di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu (08/11/2014).

Menurut dia, strategi menghadapi Era Post Millenium Development Goals (MDGs) di Indonesia salah satunya dengan upaya memecahkan persoalan air bersih dan sanitasi.

Sehingga salah satu pelaksana pelayanan kesehatan yang dinilai berperan penting adalah Puskesmas.

Nila Djuwita Farid Moeloek mengatakan, fungsi Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan primer dapat dimaksimalkan.

Idealnya, kata dia, untuk mencapai target MDGs sarana kesehatan dan pasokan air bersih, akses Mandi Cuci Kakus (MCK) harus layak.

"Di pinggiran ibukota Jakarta pun sekarang masih belum 100%, air bersih dan sanitasi cara dukung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), " tegasnya.

Nila mencontohkan peran Puskesmas di Ende NTT dengan melakukan intervensi air bersih dengan bantuan swasta dan LSM. Selain itu ada pula arisan jamban yang digelar swadaya oleh masyarakat disana.

"Dibuat oleh masyarakat 1.000 jamban sederhana sekali. Jamban jongkok.Saya bangga, penduduk kami berubah memakai jamban dan saya bisa teriak di internasional," tuturnya.


sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links