View Single Post
Old 10th November 2014, 09:16 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Ada Apa Kolom Agama di KTP Mau Dihapus?




Wacana akan dihapuskannya kolom agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) terus mendapat pertentangan. Pasalnya, kenapa harus kolom agama yang dihapus, bukan kolom pekerjaan atau umur.

Pernyataan itu dikatakan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Dia mempertanyakan, apakah kejelasan identitas adalah sumber diskriminasi dan kenapa harus ada ketakutan menunjukkan identitas agama.

"Tapi apakah betul. Kolom agama pada KTP saudara tidak baik? Atau setidaknya tidak penting? Kenapa ada ketakutan menunjukkan identitas agama? Ada apa di balik semua ini?," kata Fahri di akun Twitternya @Fahrihamzah, Jumat 7 November 2014.

"Agama itu sila pertama #Pancasila kita. Ada apa rupanya disingkirkan dari identitas kita? Karena agama penting. Pendiri bangsa meletakkannya di sila pertama," imbuhnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, jangan pernah cepat memberi kesimpulan bahwa identitas agama merupakan sumber masalah. Seharusnya agama dijadikan dasar perdamaian, bukan jadi persengketaan.

"Barangkali ini trauma di barat. Tapi tidak harus kita jadikan dasar trauma di timur? Di barat ada individualisme. Tapi di timur ada komunalisme. Apakah ada yg salah?," tuturnya.

"Di timur. Identitas penting. Karena tetangga penting dan gotong royong nilai dasarnya. Di timur. kuah sayur bagi tetangga penting dan makanan dibagikan dan makanan mengandung agama," ucapnya.


sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links