View Single Post
Old 10th November 2014, 04:55 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Jokowi mau bangun rel KA hingga ke Papua. Ini penjelasan Kemenhub



Quote:
Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut niat pemerintah Indonesia membangun jaringan rel kereta di seluruh negeri, hingga ke Papua.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat menghadiri pertemuan dengan sejumlah investor di Beijing, Tiongkok. Apa respons Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi?

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub, Hanggoro Budi Wiryawan menerangkan, pembangunan rel kereta di seluruh pulau besar di Indonesia yang dimulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua sudah masuk dalam rencana pemerintah hingga 2030.

Untuk Papua akan dibangun 2 jenis jaringan kereta, yakni kereta angkutan penumpang antar kota, dan kereta barang untuk angkutan tambang. Untuk jaringan antar kota, akan mengambil rute Sorong-Manokwari-Nabire-Timika-Sarmi-Jayapura. Sedangkan untuk kereta barang ,akan dibangun di kota Manokwari dan Pelabuhan Jayapura.

"Papua sudah masuk ke dalam rencana. Ini dimulai dari yang di utara," kata Hanggoro kepada detikFinance, Senin (10/11/2014).

Meski masuk rencana besar perkeretaapian nasional hingga 2030, Hanggoro menyebut prioritas tahap awal adalah proyek rel di Sulawesi dan Sumatera. Untuk Sulawesi akan terbagi ke dalam 2 sesi. Sesi I sudah mulai dikerjakan yakni rutenya dimulai dari Makassar hingga Pare-Pare sepanjang 145 kilometer (km). Sesi II membentang dari Bitung sampai Gorontalo sepanjang 250 km.

"Kebutuhan dana kira-kira Rp 30 miliar sampai Rp 50 miliar per km. Itu untuk lahan dan konstruksi," jelas Hanggoro
http://finance.detik.com/read/2014/1...enhub?f9911013
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links