View Single Post
Old 10th November 2014, 05:00 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Menteri Susi akan Larang 3 Wilayah Laut Ini Masuk Zona Penangkapan Ikan



Quote:
Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti berencana menghentikan kegiatan tangkap ikan di zona laut tertentu karena dianggap sudah berlebihan kegiatan penangkapannya.

Sebelumnya, Susi juga telah mengeluarkan kebijakan menghentikan sementara (moratorium) izin tangkap baru untuk kapal ikan di atas 30 GT.

"Kita sedang rencanakan dan susun sebuah moratorium izin tangkap untuk wilayah laut tertentu yang dianggap sudah overfishing," kata Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus tim kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Arief Satria kepada detikFinance, Senin (10/11/2014).

Arief mengungkapkan setidaknya dari perhitungan sementara, ada 3 dan 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) di zona laut Indonesia yang dianggap over fishing. Pertama adalah Perairan Selat Malaka (Pulau Sumatera), Laut Jawa, dan Laut Arafura (Timur Indonesia).

"Tingkat kekritisan seperti apa di 3 wilayah itu? sudah merah," imbuhnya.

Arief mencontohkan misalnya saja di Arafura stok ikan di tempat hampir habis. Moratorium izin tangkap ikan atas beberapa WPP yang dianggap sudah over fishing dilakukan agar ada pemulihan stok ikan karena tidak ada kegiatan penangkapan.

"Kita katakan Arafura itu sudah mendekati overfishing sehingga kegiatan tangkap ikan harus dikurangi," sebutnya.
http://finance.detik.com/read/2014/1...f991104topnews
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links