View Single Post
Old 10th November 2014, 10:02 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Pembangkit Listrik Berbahan Kayu Damar Pertama di Indonesia Dibangun‏

Jakarta. GATRAnews - Indonesia untuk pertama kalinya segera memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) berbahan kayu damar. PLTB tersebut segera dibangun di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah dalam waktu dekat. PLTB tersebut merupakan kerja sama antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dengan Pemerintah Daerah Morowali bersama anak usaha PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) Persero, PT Prima Layanan Nusantara Enjiniring.

PLTB tersebut direncanakan memiliki kapasitas 10 Megawatt dengan memanfaatkan lahan kayu damar seluas 200 hektare. Kayu tersebut dikumpulkan, kemudian melalui proses pembakaran dapat diubah menjadi sumber energi. “Morowali memiliki sumber kayu yang banyak. Nenek moyang kita sudah sejak dari dulu pakai kayu,” kata Direktur PT Prima Layanan Nusantara Enjiniring, Zainal Abidin Sihite, Senin (10/11).

Menurut Zainal, pemanfaatan kayu tersebut memiliki keunggulan dibanding dengan sumber energi lain. “Kalau pakai matahari sangat terpengaruh dengan cuaca. Sedangkan dengan kayu maka sumber energi tersebut dapat terjaga,” kata Zainal yang dijumpai Gatranews di Menara Kadin.

Ia mengatakan dalam mengerjakan proyek PLTB tersebut memerlukan waktu selama sekitar 2 tahun 6 bulan. Sedangkan investasi untuk 10 Mw memerlukan dana hingga US$ 300 juta. Dalam pengerjaan proyek tersebut, pihaknya akan menjadi konsultan pengerjaan PLTB. Ia juga menjelaskan PT PLN Persero akan membeli listrik dari PLTB tersebut.

Zainal berharap proyek tersebut dapat diikuti oleh pemerintah daerah lain untuk mengatasi krisis listrik di daerah terpencil Indonesia. “Ini merupakan pilot project. Daerah lain juga diharapkan dapat memanfaatkan sumber energi sebagai pembangkit listrik,” kata Zainal.

sumber: http://www.gatra.com/ekonomi-1/92780...%E2%80%8F.html

Inovasi seperti ini yang kita tunggu-tunggu.
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links