View Single Post
Old 11th November 2014, 07:11 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Diplomasi Blak-blakan Joko Widodo yang Bikin Pemimpin Dunia Kaget



Quote:
Beijing, - Presiden Joko Widodo tak mau banyak berbasa-basi saat bertemu lima pemimpin negara sepanjang dua hari kemarin. Meski baru tiga pekan jadi presiden, dia enggan larut dalam suasana perkenalan. Yang diucapkannya langsung ke inti masalah.

Lima pemimpin negara yang sudah ditemui presiden ketujuh Indonesia itu adalah: Presiden Tiongkok Xi Jinping-PM Tiongkok Li Keqiang, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Vietnam Truong Tan Sang, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kelimanya langsung 'ditembak' Jokowi dengan urusan investasi.

"Kita mengajak mereka untuk investasi, terutama di bidang infrastruktur. Itu yang terus akan kita kejar di tingkat menteri yang membahas teknisnya. Tapi paling tidak, terutama dengan presiden RRT, Jepang, Korea, Putin, kita akan dorong agar pembangunan infrastruktur kita bisa lebih dipercepat karena itulah yang akan menggerakkan ekonomi, terutama pelabuhan, rel kereta api untuk distribusi logistik, pembangkit listrik. Ini kunci," kata Jokowi.

Hal tersebut dia sampaikan saat diwawancarai wartawan di Hotel Kempinski, Senin tengah malam (10/11/2014).

"Kalau ini bisa dibuka dan bisa segera dilakukan secara paralel antara infrastuktur ini dengan industri, ini akan menggerakkan ekonomi. Saya kira di sini saya tanyakan kuncinya bisa melompat, saya kira di sini," sambungnya.

Dari pembicaraan singkat dengan para pimpina negara, Jokowi selalu meminta hal konkret diwujudkan setelahnya. Bahkan ketika bertemu presiden Jinping, Jokowi mengutarakan kata konkret hampir berkali-kali.

"Dari Tiongkok akan konkret, dari Jepang konkret, yang ekspansi Korea konkret, Rusia akan konkret. AS memang isunya berbeda. Saya kira kepentingan tiap negara beda. Tadi sampaikan akan mendorong," tegasnya.
http://news.detik.com/read/2014/11/1...-kaget?9922022
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links