View Single Post
Old 12th November 2014, 08:32 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mantan Pendiri Lazada Kembali Dirikan Situs Belanja Online

Quote:
JAKARTA - Mantan pendiri Lazada Indonesia, Fung Fuk Lestario berencana untuk mendirikan sebuah situs baru. Pasalnya, potensi belanja online di Indonesia masih sangat menggiurkan.
Namun, situs yang akan yang diberi nama www.rupawa.com, hanya memuat desain-desain dari pelaku seni kreatif. Para pelaku industri kreatif bisa mengupload hasil karya mereka untuk dijual di situs tersebut.

"Jadi banyak contohnya ya (hasil kreatif), yang bikin anyam-anyaman, desain kreatif, Indonesia itu jago di industri kreatif, jadi saya mau bantu pemain bisnis desain, kita berikan sarana dan wadah untuk menunjukkan bahwa kualitas kita bagus banget," ungkap Fung saat ditemui di Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Menurut dia, nantinya masing-masing hasil karya akan tertera nama seniman. Tidak hanya desain tradisional seperti batik, seniman juga bisa menjual pop culture.

"Misal yang sekarang lagi ngetren ada sinetron serigala, lagu sakitnya tuh di sini, mereka boleh bikin desain-desain misalnya di t-shirt untuk dijual di rupawa.com," tambahnya.

Sementara itu untuk hak cipta pada karya tersebut, dirinya mengatakan bahwa nantinya dalam situs disediakan satu box yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan komplain. Dengan demikian, jika hak ciptanya dilanggar, dia bisa melapor langsung di box tersebut.

"Kalau itu terjadi, kita akan melapor yang mengupload desain curian tersebut, kita kan ada sistem royalti yang dibayarkan berkala, jadi misal ada yang melanggar hak cipta, royalti itu akan kita tahan dan orang itu tidak boleh lagi mengupload desain-desainnya lagi," tambahnya.

Menurutnya, wadah untuk mereka para pelaku industri kreatif masih sangat minim. Padahal kemampuan pelaku kreatif sangat baik dan pada akhirnya mereka memilih menjual karyanya di luar negeri. "Saya buka bisnis ini karena wadahnya itu yang perlu, karena kalau diberi wadah diberi sarana, saya rasa industri kreatif ini akan luar biasa sekali," jelas dia.

"Demografis kita kan tersebar banget ya, kalau online ini enggak mandang, orang yang di Ujung Pandang sama yang di Purwokerto mereka punya kesempatan yang sama untuk jual produk mereka, jadi benar-benar demokratif banget," tukasnya.

Rupawa.com sendiri akan di lauch pada akhir bulan November. Sementara untuk bisnisnya pada Lazada, dia mengatakan sudah melepaskan sepenuhnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links