View Single Post
Old 12th November 2014, 08:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kenali Lebih Jauh Tugas Debt Collector

Quote:
PADANG - Perusahaan pemberi kredit kendaraan atau perusahaan pembiayaan kerap menyewa jasa debt collector untuk menagih pembayaran pada konsumennya. Tidak jarang, mereka menarik kendaraan jika pembayaran telat, padahal jika telat tiga bulan pihak perusahaan harus memberikan peringatan, bukan langsung tarik atau rampas.
“Kenyataannya sekarang, baru dua bulan sudah datang debt collector untuk menagih bahkan merampas kendaraan milik konsumen,” kata staf Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, Rudi Cahyadi, di Padang, Sumatera Barat.

Untuk itu, diminta kepada warga untuk berhati-hati melakukan transaksi kredit kendaraan, kalau datang debt collector ke rumah warga, pihak warga berhak menolak debt collector itu karena dia bukan pihak yang terkait dalam perjanjian.

“Meminta surat kuasa dari pihak perusahaan, kemudian meminta surat jaminan fidusia, serta penetapan eksekusi atau penarikan ini berdasarkan surat pengadilan perdata, kalau tidak ada itu, laporkan sama polisi karena mereka telah melakukan perampasan,” terang Rudi.

Begitu juga kalau ada polisi yang datang bersama dengan debt collector, lihat dulu tindakannya, kalau ikut mengeksekusi kendaraan, segera laporkan kepada Propam. Sebab, kerja mereka hanya mengamankan dalam hal menimbulkan kericuhan. “Kalau mereka ikut mengamankan kendaraan itu berarti polisi juga sudah melanggar kode etiknya,” pungkasnya.

Sekadar informasi, pihak leasing harus mendaftarkan sertifikat jaminan fidusia pada Kanwil Hukum dan Ham, setiap pendaftaran fidusia di bawah transaksi Rp50 juta, maka pihak leasing membayar Rp50 ribu.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links