View Single Post
Old 12th November 2014, 11:26 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Jokowi Janjikan Kemudahan Usaha

Quote:


PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) berjanji memberikan berbagai kemudahan kepada investor internasional yang menanamkan modalnya di Indonesia. Kemudahan itu di antaranya pembebasan lahan, perizinan, hingga jaminan keamanan berusaha.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam presentasi di hadapan 1.500 delegasi dan sekitar 500 pemimpin perusahaan ternama dalam pertemuan puncak CEO yang digelar dalam rangkaian pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing, Tiongkok, kemarin.

Berbeda dengan beberapa kepala pemerintahan yang cenderung menyampaikan pidato, Presiden Jokowi lebih memilih melakukan presentasi. Bahkan, Jokowi menyampaikannya dalam bahasa Inggris tanpa teks.

"Sebagian besar investor yang datang (ke Indonesia) kerap mengeluhkan perizinan dan lahan. Terkait masalah ini, saya telah memerintahkan menteri terkait, mendesak para gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengatasi hal itu," tegasnya.

Begitu juga persoalan izin usaha yang selama ini rumit, berbelit, dan memakan waktu lama. Presiden meyakinkan izin akan lebih mudah dan singkat, karena pemerintahannya telah dan terus mereformasi perizinan.

Presiden menjelaskan banyak peluang usaha di Indonesia yang luasnya hampir sama dengan jarak dari London, Inggris, hingga Istanbul, Turki. Peluang usaha itu terbuka lebar, misalnya di bidang infrastruktur seperti pelabuhan, kereta api, energi, dan tol laut.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga memberikan angka-angka jelas tentang target yang akan dicapai dan apa yang dibutuhkan. "Kami ingin membangun sekitar 24 pelabuhan laut dalam lima tahun mendatang untuk mendukung arus barang dan jasa," ujarnya.

"Kami menunggu Anda datang ke Indonesia. Kami menunggu Anda untuk berinvestasi di Indonesia," kata Presiden di akhir presentasinya. Seusai presentasi, Presiden Jokowi kemudian diburu para CEO yang ingin berbincang langsung dan berfoto bersama.

Selain menyampaikan presentasi, Presiden juga menggelar beberapa pertemuan bilateral, antara lain dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden AS Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Vietnam Truong Tan Sang

KTT APEC Dibuka
Sementara itu, pertemuan puncak APEC secara resmi dibuka tadi malam dengan sebuah upacara penyambutan yang penuh warna serta jamuan santap malam untuk 21 pemimpin ekonomi APEC.

Jamuan itu diselenggarakan di Water Cube, Beijing, yang terletak di bekas kompleks Olimpiade tepat di seberang Stadion Nasional Tiongkok yang populer dengan sebutan Bird Nest.

Satu per satu tamu negara yang mengenakan pakaian khas Tiongkok tiba di lokasi. Setiap iringan mobil yang membawa para pemimpin itu melalui jalan utama Beijing yang dipenuhi lampu hias. Pohon-pohon di taman sekitar jalan utama itu pun dihiasi lampu berwarna kuning yang seakan mempertegas musim gugur yang mulai datang.

Di luar Water Cube, ratusan penari yang mengenakan beragam pakaian tradisional Tiongkok menari dan menyanyi sambil membawa lampu warna-warni bertuliskan APEC 2014. Di dinding samping pintu masuk utama terdapat layar besar yang bertuliskan 'APEC CHINA 2014'.

Acara jamuan santap malam yang berakhir pukul 21.00 waktu setempat itu ditutup dengan foto bersama dan pertunjukan kembang api, yang merupakan salah satu keunggulan Tiongkok.
sumber: http://www.mediaindonesia.com/hottop.../11%2000:00:00

Janji yang disampaikan lewat presentasi yang memukau!
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links