View Single Post
Old 13th November 2014, 09:42 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Minim Akses, Investor Pasar Modal Luar Jawa Sulit Berkembang




Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui, investor pasar modal yang berada di luar Pulau Jawa masih minim. Hal itu karena mereka kesulitan mendapatkan akses untuk menjangkau pasar modal.

Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida mengatakan, untuk mendapatkan akses ke pasar modal investor mesti memanfaatkan layanan jasa broker.

"Kita pahami investor kan harus melalui broker, sementara broker di Jawa, daerah belum banyak. Ini yang ditengarai dan akan kita tingkatkan. Masyarakat punya potensi, kita dorong perusahaan punya perwakilan di daerah. Kalau sulit karena faktor biaya, kita dorong broker punya online trading," kata dia di Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Dia menjelaskan, untuk investor pemula sebaiknya menjadikan instrumen reksadana sebagai pilihan perdana investasi pasar modal.

Keterbatasan akses pasar modal untuk reksadana pun akan terus ditanggulangi. OJK, kata Nurhaida juga berencana menerbitkan sebuah regulasi supaya tidak hanya bank saja yang mampu memasarkan reksadana. Dia mengatakan, lembaga keuangan macam perusahaan asuransi dan lembaga pembiayaan diharapkan juga mampu mengadakan reksadana. "Asal semua peraturan diikuti, nah itu bisa," lanjutnya.

Nurhaida mencontohkan, peraturan sebagaimana dimaksud ialah lembaga keuangan yang bisa menjamin sistem keamanan dan memitigasi risiko investasi itu.


sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links