View Single Post
Old 13th November 2014, 09:52 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Drone Hebat Buatan Indonesia akan dirilis (Ini Dia Spesifikasinya)


Tiga unit nirawak atau tanpa awak atau disebut drone yang diteliti oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kini dalam produksi oleh PT Dirgantara Indonesia. Diperkirakan, tiga unit drone itu akan dirilis akhir tahun ini.
Joko Purwono selaku Kepala Program Utama Puna BPPT mengatakan. ôSekarang masih dalam tahap produksi di PTDI, dan direncankan dalam waktu dekat sudah selesai," kata Joko di ujung telepon.
Ketiga drone yang dalam proses pembuatan tersebut direncanakan untuk tujuan pengawasan daerah perbatasan negara Indonesia. Dengan kemampuan operasi yang dimiliki hingga enam jam, drone ini mampu terbang diudara dengan ketinggian 10 hingga 12 ribu meter.

Hingga kini belum dipastikan tempat lokasi pengoperasian tiga unit drone ini. Tapi, diperkirakan Kalimantan akan lebih dulu menggunakan ini mengingat pihak terkait dinilai lebih siap.
Kepala Program Utama Puna BPPT memaparkan bahwa, produksi Wulung juga sekaligus membuktikan kesiapan lembaga penelitian untuk mendukung rencana presiden terpilih Jokowi dalam menggunaan drone guna pengawasan wilayah nusantara.
Spesifikasi dan Kehebatan Drone Buata Indonesia (Pesawat Tanpa Awak Indonesia)

Pesawat tanpa awak atau drone , mulai banyak digunakan di berbagai negara untuk kepentingan pertahanan dan keamanan dalam menjaga negaranya. Teknologi pesawat nirawak atau drone terus berkembanga dan memiliki berbagai jenis. Drone adalah salah satu teknologi yang akan ramai berkembang di masa depan.

Indonesia tak mau ketinggalan melalui Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) dan PT Dirgantara Indonesia, bersama PT LEN Industri, dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah menandatangani kerja sama pengembangan dan penerapan teknologi dirgantara untuk menciptakan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) BPPT01A-200-PA7 Wulung, atau PUNA Wulung.

Menurut planningnya Drone buatan Indonesi PUNA Wulung akan dimamfaatkan untuk keperluan militer dalam bentuk pengawasan, seperti illegal fishing, illegal logging, dan aktivitas ilegal di perbatasan.
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links