View Single Post
Old 14th November 2014, 05:44 AM   #1
Sek Des
 
graziani's Avatar
 
Join Date: 1 Nov 2014
Userid: 2777
Posts: 410
Likes: 0
Liked 7 Times in 7 Posts
Default Anda Pemotor? Cek 3 Komponen Ini Saat Musim Hujan Tiba

Sumur

Quote:

Musim penghujan tiba, beberapa daerah di Indonesia tak sampai mengalami banjir. Air hujan tentu bukanlah teman baik bagi sepeda motor.

Kandungan asam yang ada pada air hujan dapat memicu timbulnya karat di beberapa komponen. Untuk itu, para pemotor diharap lebih memperhatikan kondisi tunggangannya ketika musim hujan agar tetap dalam kondisi prima kala cuaca tak menentu.

Namun, terkadang para pemotor lupa memeriksa komponen-komponen pada tunggangannya yang rentan timbul karat akibat terkena air hujan. Berikut ini adalah 3 komponen yang wajib diperiksa saat musim hujan turun:

Quote:
1. Knalpot

Saluran pembuangan pada sepeda motor ini amat rentan timbul karat saat musim hujan. Pada komponen ini, bagian yang rentan timbul karat adalah bagian leher karena posisinya yang berada tepat di kolong sehingga kerap terkena cipratan becek.

Lumpur yang menempel cukup lama berdampak menimbulkan karat. Jika didiamkan terus-menerus, leher knalpot dapat keropos dan rentan patah.

Jika anda kerap melewati genangan air, sebaiknya segeralah bersihkan bagian ini. Langkahnya pun terbilang cukup mudah yakni hanya mencucinya dengan air bersih dan shampo khusus sepeda motor ketika kondisi mesin sudah dingin.
Quote:
2. As dan Bos Roda

As serta bos roda menjadi komponen yang amat penting pada sepeda motor karena berfungsi menjadi poros tempat roda berputar. Jika komponen ini bermasalah, maka dampaknya akan membahayakan karena putaran roda pun terganggu dan dapat membuat laju sepeda motor menjadi oleng.

Dalam menyambut musim penghujan, komponen ini perlu sedikit perhatian khusus. Caranya yakni dengan membersihkan karat-karat yang terlanjur menempel menggunakan ampelas halus ukuran 600 sampai 1.000.

Setelah noda karat hilang, anda pun tinggal melumasi seluruh bagiannya dengan gemuk agar terhindar dari karat yang timbul akibat cipratan lumpur.
Quote:
3. Gir Rantai

Rantai berikut gir pada sepeda motor merupakan komponen yang rentan timbul karat akibat terkena cipratan becek dari roda belakang. Meskipun memiliki fungsi yang cukup vital, banyak pemotor yang abai dengan kondisi komponen ini sehingga kerap muncul karat ketika musim hujan tiba.

Untuk mencegah timbulnya karat pada komponen gir dan rantai pun terbilang mudah. Anda tinggal menyemprotkan cairan pelumas khusus rantai yang banyak tersedia di pasaran ketika motor selesai di cuci.

Kondisi rantai yang terlumasi dengan baik tentu membuat tarikan sepeda motor menjadi enteng dan tidak seret karena gir dapat berputar dengan lancar.
Semoga bermanfaat......
__________________
Bergabunglah bersama kami di forum ZIUMA, forum diskusi online yg juga menarik...
graziani is offline   Reply With Quote
Sponsored Links