View Single Post
Old 14th November 2014, 06:28 PM   #6
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Menteri Susi wajibkan pengusaha asing gunakan tenaga kerja lokal

Menteri Susi wajibkan pengusaha asing gunakan tenaga kerja lokal
http://www.merdeka.com/uang/menteri-...rja-lokal.html



Quote:
Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kembali menunjukkan taringnya di pemerintahan. Selama menjabat sebagai menteri, Susi tidak akan mengizinkan kapal asing berlayar di laut Indonesia jika mereka tidak mau membangun industri perikanan di dalam negeri.

Susi mengatakan kebijakan ini bukan berarti dia anti asing. Namun, Susi menginginkan industri perikanan dalam negeri tumbuh dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

"Moratorium bukan anti investasi. Saya tidak akan pernah mengizinkan dalam 5 tahun tidak ada cerita. Saya hanya izinkan asing yang membangun integrated industry fishing in Indonesia. Membangun UPI (Unit Pengolahan Ikan) dan menggunakan tenaga kerja Indonesia," ucap Susi di KKP, Jakarta, Rabu (12/10).

Untuk memperoleh izin kapal, pengusaha asing diwajibkan membangun industri terlebih dahulu. Industri pengolahan seperti cold storage juga tidak boleh hanya formalitas saja. Kapasitas industri harus disesuaikan dengan izin kapal yang diminta.

"Misalnya UPI-nya 100 ton, kapasitas kapalnya harus 100 ton juga. Jadi masyarakat kita banyak benefitnya. Tenaga kerja harus Indonesia, ahlinya dari asing silakan seperti quality kontrol, marketing director. Kita rekomendasi itu," tegasnya.

Susi menyadari, selama ini pengusaha ikan selalu mengakali aturan pemerintah. Mereka membangun cold storage, namun, kapasitasnya jauh lebih kecil dari izin kapal yang diminta. Akhirnya, hasil tangkapan mereka tidak diolah dalam negeri justru langsung dikirim keluar negeri.

"Sekarang harus diproses, bikin tempura jangan dari kontainer ke kontainer. Pengusaha akalnya banyak, saya tahu saya pengusaha," tutupnya.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote