View Single Post
Old 14th November 2014, 06:42 PM   #11
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Menteri Susi pede mampu hidupkan pengusaha ikan lokal dari kubur

Menteri Susi pede mampu hidupkan pengusaha ikan lokal dari kubur
http://www.merdeka.com/uang/menteri-...ari-kubur.html



Quote:
Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti telah menyetop pemberian izin operasi kapal asing baru atau moratorium untuk enam bulan ke depan. Kebijakan ini disebut akan memberikan keuntungan banyak untuk Indonesia. Tidak hanya sumber daya laut yang terjaga, namun, pengusaha lokal juga akan diuntungkan.

Menurut Susi, kapal asing yang menangkap ikan Indonesia selama ini tidak membawa ikan mereka ke pelabuhan. Kapal tersebut langsung membawa ke negara mereka sehingga pengusaha cold storage di pelabuhan gulung tikar.

Nantinya juga, dalam aturan baru, semua kapal yang beroperasi harus merapat terlebih dulu di pelabuhan Indonesia.

"Sekarang tidak boleh lagi dan semua ikan akan ke pelabuhan, pengusaha yang collapse punya cold storage, mau membangun lagi cold storage. Dulu banyak gulung tikar engga ada bahan," ucap Susi di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, kemarin.

Susi sangat percaya diri dalam menjalankan aturan baru ini. Pasalnya, beberapa duta besar negara sahabat mendukung kebijakan Susi. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kelestarian laut Indonesia seperti kesepakatan dunia internasional.

"Mereka semua mengerti, China will respect. Mereka janji depan media. Saya tinggal bawa mereka untuk teken MoU. Mereka mengerti praktik ini tidak bisa lagi dibiarkan," tegasnya.

Susi kembali mengungkapkan kekesalannya dengan kapal asing yang membayar setoran kecil pada pemerintah, namun, mengeruk hasil besar dari laut Indonesia. Kondisi ini berbanding terbalik dengan nelayan lokal yang sangat kesulitan melaut karena banyaknya pungutan.

"Di darat kapal nelayan kita banyak sekali izin di Pemda, retribusi dan lainnya. Mereka tidak bisa melaut. Ironi dan ini tidak keadilan. Saya tarik pemain besar dan yang kecil saya bebaskan," tutupnya.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links