View Single Post
Old 15th November 2014, 12:04 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bappenas Kaget Warga Perbatasan Jadi WNA

Quote:
BANDUNG - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago cukup kaget mengetahui bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi Warga Negara Asing (WNA) khususnya menjadi warga negara Malaysia karena tingkat kemiskinan yang semakin jompang.

"Ooh gitu (kaget)," ucap Andrinof, di Bandung, Sabtu (15/11/2014).

Menurut Andrinof, hal ini akan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besar pemerintah, karena harus membangun dari wilayah pinggiran Indonesia.

"Ya jadi PR kita bagaimana pemerintah bangun dari pinggiran," tegasnya.

Seperti yang diketahui, warga perbatasan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, memilih berpindah tempat tinggal dan menjadi warga negara Malaysia. Warga beralasan hal itu dikarenakan desakan ekonomi, kebutuhan pendidikan, dan minimnya pelayanan kesehatan di kampung halaman.

Kepala Desa Samunti, Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, Pagalu di Nunukan, mengatakan, jumlah warga yang telah pindah tempat tinggal ke wilayah Kota Kinabalu Negeri Sabah, Malaysia, sebanyak 20 kepala keluarga (KK) dari total 85 KK di desanya.

Dari 20 KK tersebut, lanjut dia, sebagian besar telah menjadi warga negara Malaysia dan sebagian lagi masih menjadi pendatang asing ilegal namun telah memiliki pekerjaan tetap di sana.

Faktor utama yang menyebabkan warganya berpindah tempat tinggal ke Malaysia adalah desakan ekonomi dan pendidikan yang sangat sulit diperoleh di kampung halamannya di Desa Samunti, Kecamatan Lumbis Ogong. Hal itu ia jelaskan saat mengunjungi warganya yang bekerja sebagai buruh kebun di Sei Bilal Kelurahan Nunukan Barat Kecamatan Nunukan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links