View Single Post
Old 15th November 2014, 02:14 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2785
Posts: 234
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Wayang Orang Sriwedari Tunggu Bantuan Pemerintah

Quote:


TEMPO.CO, Jakarta - Grup Wayang Orang Sriwedari berharap bisa tampil di gedung pertunjukan yang lebih layak. Tempat mereka pentas saat ini dirasa kurang memadai. "Saat ini di sana-sini jebol. Butuh renovasi," ujar Agus Prasetyo, pimpinan grup Wayang Orang Sriwedari, dalam konferensi pers pementasan Petruk Dadi Guru di Graha Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis, 13 November 2014.

Menurut Agus, selama ini Pemerintah Kota Surakarta sudah mengalokasikan anggaran bagi grup ini untuk memenuhi kebutuhan fasilitas gedung dan sumber daya manusia. Tapi jumlah anggaran dinilai tak cukup. "Harus ada bantuan dari pemerintah pusat dan pihak lain," ujarnya.

Grup ini, kata Agus, beranggota 60 orang. Sebanyak 25 orang di antaranya merupakan relawan dari para mahasiswa Institus Seni Indonesia Surakarta yang mencintai wayang. Mereka berpentas setiap Senin-Sabtu dengan penonton sekitar 100-300 orang. Jumlah penonton akan lebih banyak pada akhir pekan atau hari libur. "Ini cukup membahagiakan. Dulu kami mentas hanya satu-dua penonton," ujarnya.

Sebagai pegiat seni kebudayaan, Agus dan kelompoknya mempunyai mimpi. Mereka tak ingin tampil seadanya. "Kami ingin mengukuhkan diri sebagai masterpiece kebudayaan. Ini tantangan berat," ujar lulusan Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta--kini ISI Surakarta--ini.
sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/1...uan-Pemerintah
agusjember is offline   Reply With Quote
Sponsored Links