View Single Post
Old 15th November 2014, 07:53 PM   #16
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Uang NKRI bentuk perjuangan menjaga kedaulatan bangsa

Uang NKRI bentuk perjuangan menjaga kedaulatan bangsa
http://www.merdeka.com/uang/uang-nkr...an-bangsa.html




Quote:
" Uang NKRI akan semakin dihargai dan dihormati mengingat setiap transaksi pembayaran dan keuangan lainnya yang dilakukan di seluruh wilayah NKRI wajib menggunakan rupiah dengan konsekuensi hukum pidana bagi yang tak mematuhinya " - Bambang Brodjonegoro
Merdeka.com - Peluncuran uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Agustus lalu dinilai menjadi momentum menjadikan Rupiah sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Untuk itu, pemerintah harus melalui proses panjang, mulai dari pembahasan Undang-Undang Mata Uang sejak 2006 hingga disahkan pada 2011.

"Uang NKRI akan semakin dihargai dan dihormati mengingat setiap transaksi pembayaran dan keuangan lainnya yang dilakukan di seluruh wilayah NKRI wajib menggunakan rupiah dengan konsekuensi hukum pidana bagi yang tak mematuhinya," kata Menteri Keuangan Bambang P.S Brodjonegoro saat Upacara Peringatan Hari Oeang ke-68, Jakarta, Kamis (30/10).

Dia mengungkapkan, Pemerintah Indonesia mengedarkan Oeang Republik Indonesia (ORI) untuk pertama kali pada 30 Oktober 1946. Momen itu mengakhiri peredaran uang Jepang, NICA, dan Javasche Bank.

"Kelahiran ORI menginspirasi kita untuk meneledani tindakan kepahlawanan di masa lalu. Semangat dan perjuangan untuk menjaga dan memertahankan kedaulatan bangsa itu nyata adanya," katanya.

Dia melanjutkan, "Peristiwa besar tersebut juga mengilhami kita untuk menciptakan peristiwa gemilang di masa kini dalam bentuk perjuangan yang berbeda."

[bim]
nonasakamoto is offline   Reply With Quote