View Single Post
Old 16th November 2014, 09:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tol Laut Jokowi Butuh Rp700 Triliun, Ini Hitungannya

Quote:
JAKARTA - Konsep tol laut yang bakal dikembangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan membangun 24 pelabuhan tereintegrasi akan memakan dana yang tidak sedikit. Berapa dana yang akan dihabiskan pemerintah?

Menurut Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Dedy S Priatna dalam draft RPJMN teknokratik, pihaknya sudah mengestimasi kebutuhan investasi pelabuhan tersebut sekira Rp424 triliun. Namun angka ini sangat jauh berbeda yang diproyeksikan Jokowi yang mencapai Rp700 triliun lebih.

"Saya enggak tahu Pak Jokowi ngitung dari mana. Tapi angka Rp424 triliun itu belum termasuk pengadaan kapal. Mungkin Rp700 triliun sudah sama kapalnya," papar Dedy di Bandung, Sabtu (15/11/2014).

Dedy mengungkapkan, pengadaan kapal untuk tol laut tersebut sekira Rp100 triliun sampai Rp150 triliun. Sedangkan biaya investasi untuk membangun pelabuhan terintegrasi lengkap dengan pembangkit listrik dan sebagainya mencapai sekira Rp70 triliun.

"Ya segitu investasinya. Tapi balik lagi konsep ini disetujui atau tidak oleh pak Jokowi," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyatakan konsep poros maritim yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dimatangkan dalam dua bulan terakhir ini sebelum dimasukkan kedalam APBN-Perubahan 2015 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

"Perumusan konsep maritim sudah ada, dalam dua bulan terakhir ini, sebelum masukin kedalam APBN-P. Berpacu dalam waktu, saya minta para deputi untuk merumuskan sekalian jabarkan poros maritim," jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links