View Single Post
Old 16th November 2014, 11:39 AM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 12 Nov 2014
Userid: 2839
Posts: 23
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Jepang Tertarik Bangun Kereta Super Cepat di Indonesia



JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah Jepang tertarik membangun jembatan layang dan sistem kereta api super cepat di atas jalur ganda pantai utara Pulau Jawa. Selain itu, Jepang juga tertarik membangun rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya.

“Indonesia dan Jepang telah membahas dan mengkaji bersama mengenai dua rute tersebut. Jepang saat ini memiliki teknologi kereta super yang kecepatannya hingga sekitar 300 kilometer per jam,” jelas Menteri Perhubungan, EE Mangindaan di Jakarta, Senin (16/9/2013).

Menhub mengungkapkan, rencana untuk membangun rute kereta super cepat tersebut akan dilaksanakan setelah selesai pembangunan jalur ganda kereta di lintasan pantai utara Jawa.

Ia memperkirakan pembangunan rel kereta jalur ganda antara Jakarta dan Surabaya dapat diselesaikan pada akhir tahun 2013. Kelak bila telah ada baik jalur layang dan jalur ganda, pengangkutan peti kemas akan menggunakan jalur ganda.

“Sedangkan untuk perjalanan kereta super cepat diperkirakan akan dilakukan melalui jalur layang, baik yang rute Jakarta-Surabaya atau sebaliknya, maupun rute Jakarta-Bandung atau sebaliknya,” ujar Mangindaan.

Menurut Menhub, hingga saat ini belum mengemukakan besaran investasi itu, kecuali menjelaskan agar tidak memberatkan akan diajukan sejumlah opsi seperti memperpanjang masa konsesi pengelolaan rute kereta super cepat tersebut.

“Ini agar tarif tiket yang dibebankan tidak terlalu tinggi. Selain itu, bila telah dioperasikan maka diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta dan Surabaya hanya sekitar 2,5 jam dengan kereta super cepat,” paparnya.


Sumber : http://beritatrans.com/2013/09/16/je...-di-indonesia/
Likes:(1)
night.hunter is offline   Reply With Quote
Sponsored Links