View Single Post
Old 16th November 2014, 07:59 PM   #25
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Terapkan "E-procurement", Pemkot Surabaya Hemat Rp 400 Miliar Per Tahun

Terapkan "E-procurement", Pemkot Surabaya Hemat Rp 400 Miliar Per Tahun
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...liar.Per.Tahun



Quote:
DENPASAR, KOMPAS.com – Surabaya merupakan salah satu kota yang sukses menerapkan e-governance. Mulai dari perizinan hingga lelang sudah dilaksanakan secara online.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, banyak sekali penghematan dengan menerapkan e-governance. Tidak hanya soal efisiensi waktu dan pelayanan. Soal anggaran pun Surabaya bisa menghemat sampai ratusan miliar rupiah per tahun. Contohnya dari e-procurement saja, Surabaya bisa menghemat sekitar Rp 300 miliar hingga Rp 400 miliar per tahun.

“Penghematannya banyak sekali. Kalau rutin yang jelas terpantau itu dari e-procurement itu bisa sampai Rp 300 miliar sampai Rp 400 miliar per tahun,” kata dia, Denpasar, Jumat (14/11/2014).

Menurut dia, jumlah yang dihemat itu belum memperhitungkan penghematan dari alat tulis dan kantor. Sebab, saat ini administrasi pemkot sudah tidak lagi menggunakan kertas. “Kami sudah tidak punya kwitansi lagi sekarang,” kata dia.

Risma berbagi dalam Raker TIK SKK Migas-KKKS 2014 menegaskan, lelang tender online bisa menghindarkan pemkot dari pemborosan. Suatu ketika, dia menceritakan pernah ditawari kontraktor jalan.

“Saya membangun jalan itu awalnya direncanakan 1 kilometer. Ternyata dengan e-procurement itu, kita bisa bangun lagi 1,5 kilometer. Kalau enggak pakai e-procurement itu boros sekali,” ujar Risma.

Selain e-procurement, sistem pengelolaan keuangan daerah lainnya juga dilakukan secara elektronik. Sebut saja, e-musrenbang, e-budgeting, e-project, e-delivery, e-controlling, e-performance, e-SIMBADA, e-payment, e-tax, serta e-audit.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote