View Single Post
Old 17th November 2014, 08:53 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Target Saya, Indonesia 5 Besar Asian Games



Quote:
VIVAnews - Wajah olahraga nasional sedang tak menggembirakan. Dalam lima tahun terakhir, prestasi olahraga menurun, baik di level Asia Tenggara, Asia, maupun dunia. Di Asia Tenggara, Indonesia tak lagi memimpin. Dalam SEA Games di Myanmar 2013, Indonesia hanya mampu bertengger di peringkat ke-4.

Sementara itu, di Asian Games 2014 yang baru saja berakhir di Incheon, Korea Selatan, Indonesia gagal memperbaiki peringkat. Setali tiga uang, prestasi Indonesia di level dunia juga terpuruk. Pada Olimpiade 2012 di London, tak satu pun medali emas berhasil dibawa pulang.

Di sisi lain, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) hingga saat ini masih bersimpang jalan. Kondisi ini diperparah dengan ego sektoral antarcabang olahraga. Kemenpora juga masih harus disibukkan dengan ulah penonton dan perseteruan antarsuporter sepak bola yang tak kunjung reda.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berjanji, ia akan meningkatkan prestasi olahraga nasional. Bahkan, ia memasang target, Indonesia harus menjadi juara umum dalam SEA Games 2015 di Singapura.
Ia juga sedang berusaha mendamaikan KONI dan KOI dengan menjembatani komunikasi dua organisasi ini. Menpora mengaku sudah menyiapkan sejumlah program guna mendongkrak prestasi olahraga nasional.

Untuk mengetahui lebih detail apa saja program Kemenpora itu, VIVA.co.id mewawancarai Menpora, Imam Nahrawi, di rumahnya, Kalibata, Jakarta Selatan pada Rabu, 12 November 2014. Berikut petikannya:

Apa yang akan Anda lakukan setelah memimpin Kemenpora?
Pertama, saya harus memastikan bahwa reformasi birokrasi terjadi. Saya ingin mengubah mindset mereka sebagai birokrat yang tak semata-mata melihat program dan anggaran dengan kacamata kuda. Perintah Presiden Jokowi kita harus mampu melakukan terobosan jika menemui sumbatan.

Selain itu?
Saya juga melakukan tes narkoba untuk semua pegawai. Sekitar 700-an orang harus tes narkoba. Kita nggak bisa menjadi contoh kecuali mulai dari diri kita.

Anda juga ikut-ikut blusukan?
Saya blusukan bukan untuk pencitraan. Saya melakukan itu semenjak aktif di partai. Saya akan lakukan terus-menerus karena ingin tahu seperti apa ke dalamnya.

Ada program 100 hari?
Tidak ada.

Program prioritas?
Prioritasnya kami berhasil sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Kami juga ingin kembali meraih medali emas pada Olimpiade di Brasil. Di SEA Games Singapura, kita ingin perbaiki peringkat, targetnya juara.

Apa bisa, waktunya sudah mepet?
Waktu pendek sekalipun kalau ada tekad dan niat yang bulat dari seluruh stakeholder, Satlak Prima, KONI, dan KOI, saya kira tidak ada alasan untuk mundur.

Menurut Anda, mengapa prestasi olahraga kita terpuruk?
Alami, sarana dan prasarana kita terbatas. Seandainya Hambalang itu jadi, mungkin itu salah satu momentum besar untuk memulai suatu tradisi untuk latihan dan pendidikan yang baik.

Apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki prestasi?
Harus diubah mindset-nya bahwa kepentingan individual, pelan tapi pasti harus dikikis, tidak ada lagi ego sektoral. Tidak boleh ada lagi. Apalagi, orang Indonesia sangat senang dengan olahraga, apalagi sepakbola, bulutangkis, pencak silat, dan semua bidang olahraga.
Kedua, harus memastikan bahwa yang sedang diemban itu menjadi pembuktian untuk keberhasilan suatu prestasi. Ketiga, pemerintah harus mendukung penuh setiap ada rencana-rencana besar bagi dunia olahraga.
Keempat, semua pihak swasta harus terlibat. Saya sudah tanda tangan satu surat ke Menteri BUMN, untuk mengubah nomenklatur CSR, yang tadinya tidak ada olahraga, sekarang ada. Turunannya nanti kami bikin peraturan menteri sendiri.

Upaya lainnya?
Memperhatikan kesejahteraan atlet, prasarana olahraga, dan lembaga pendidikan.
Bagaimana dengan persiapan Asian Games 2018?
Sedang kami ajukan keppres lewat menko, sedang dikaji di eselon dua. Insya Allah Januari selesai semua. Dan setelah itu kami bentuk semua kepanitiaannya.

Soal anggaran?
Belum, kami minta ke KOI, Satlak Prima, ayo susun anggaran. Termasuk target-target pemenuhan medali itu seperti apa. Kalau saya target kemarin lima besar, kita tuan rumah, masa susah.

Bagaimana dengan SEA Games?
Sekarang sedang dikonsentrasikan, bagaimana terus melakukan persiapan untuk semua. Target juara umum di SEA Games Singapura.

Target Olimpiade?
Target di Olimpiade dua emas, paling tidak di bulutangkis. Mempertahankan tradisi. Kemarin saya panggil semua, Susi Susanti, Chandra Wijaya, Taufik Hidayat, Rexy Mainaky, tapi informal, tak undang wartawan. Saya pingin dengar. Mereka punya niat yang sama untuk mengembalikan tradisi emas Olimpiade itu.
http://fokus.news.viva.co.id/news/re...ar-asian-games
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links