View Single Post
Old 17th November 2014, 09:05 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Dianggap Jadi Obat Kuat, Ikan 'Raksasa' Ini Mulai Langka di Laut RI



Quote:
akarta -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bergerak cepat mengeluarkan aturan untuk melarang penangkapan salah satu jenis ikan endemik di laut Indonesia. Ikan itu adalah pari manta (Manta spp) yang dianggap hampir punah oleh pemerintah.

"Kita sudah concern melihat kepunahan ikan jenis ini, makanya sebelum habis sama sekali dikeluarkan kebijakan pelarangan penangkapan ikan pari manta," ungkap Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Asep Burhanudin kepada detikFinance, Senin (17/11/2014).

Asep menjelaskan populasi ikan pari manta saat ini di perairan Indonesia sudah sangat terbatas. Hal ini karena masa seksual 1 ekor ikan pari manta betina baru terjadi pada usia 8-10 tahun. Jumlah anakan dalam setiap fase produksi hanya 1-2 anak dengan siklus reproduksi 2-5 tahun. Artinya dengan masa hidup ikan pari manta selama 40 tahun maka hanya dapat menghasilkan 6-8 anak setiap ekor pari manta dewasa.

Kebijakan yang dikeluarkan yaitu Keputusan Menteri (Kepmen) Kelautan dan Perikanan No. 4/Kepmen-KP/2014, mulai 2014 kegiatan penangkapan dan perdagangan ikan pari manta dan bagian tubuhnya merupakan kegiatan yang dilarang alias ilegal.

"Hal itu sesuai dengan isi Kepmen No. 4/2014 tentang penetapan dan perlindungan ikan pari manta sebagai satwa yang dilindungi," imbuhnya.

Data perkiraan soal populasi pari manta di perairan Indonesia memang sulit diketahui. Namun ia menegaskan kebijakan perlindungan ikan pari manta akan terus dilakukan agar kekayaan laut Indonesia tetap terjaga.

"Sulit kita mendapatkan data jumlah ikan pari manta yang ada saat ini. Sulit kita hitung keberadaannya," tukas Asep.

Ikan pari manta, sesuai Undang-undang Kelautan, adalah salah satu jenis ikan yang paling dilindungi. Ikan jenis ini dianggap spesies yang hampir punah karena jumlah populasi yang cukup terbatas. Namun banyak nelayan memburu karena dianggap daging pari manta berkhasiat sebagai obat kuat pria dewasa.
(mkl/ang)
http://finance.detik.com/read/2014/1...gka-di-laut-ri
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links