View Single Post
Old 17th November 2014, 08:21 PM   #36
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Apindo: Mea dorong asing belajar bahasa ind0nesia

APINDO: MEA DORONG ASING BELAJAR BAHASA IND0NESIA
http://wartaekonomi.co.id/read/2014/...ind0nesia.html



Quote:
WE Online, Medan - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan pekerja dan calon pekerja di ASEAN khususnya Myanmar dan Filipina, antusias belajar Bahasa Indonesia untuk persiapan bekerja di Indonesia memanfaatkan era Masyarakat Ekonomi ASEAN mulai tahun depan.

"Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) bukan hanya membuat perdagangan dan investasi semakin terbuka, tetapi juga keterbukaan terhadap pekerja dan itu perlu dicermati khususnya pekerja," kata Sekretaris Apindo Sumut Laksamana Adiyaksa di Medan, Minggu (16/11/2014).

Seperti halnya dalam perdagangan, terbukanya lapangan pekerjaan akan berdampak positif dan negatif.

Negatifnya adalah pekerja asing itu menjadi ancaman bagi pekerja dalam negeri.

Semakin terancam, karena pekerja asing itu seperti Myanmar selain upahnya lebih rendah tetapi keahlian atau profesional kerjanya lebih tinggi dari pekerja Indonesia.

"Jadi para pekerja harus menyiapkan diri agar bisa tetap memenangkan persaingan," katanya.

Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 Sumut Bambang Hermanto mengakui adanya ancaman itu sehingga pihaknya sudah mewanti-wanti pekerja anggotanya untuk meningkatkan kinerja.

"Pekerja harus bisa lebih profesional, kreatif, menjunjung etika dan termasuk meningkatkan loyalitas dengan perusahaan," katanya.

Apalagi di sisi lain, ancaman pemutusan hubungan kerja juga semakin besar kalau nyatanya pengusaha Sumut tidak kuat bersaing dengan produk sama yang dihasilkan negara lain. (Ant)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote