View Single Post
Old 17th November 2014, 11:02 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 20 May 2014
Userid: 2192
Posts: 46
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Cara Mengurus Izin Membangun Bangunan (IMB)



Pengurusan Izin Membangun Bangunan - Pada kesempatan kali ini kita bakal mengulas permasalahan perizinan bangunan yang di kenal dengan Izin Membangun Bangunan atau yang umum disingkat dengan IMB. Maksud ada izin membangun bangunan yaitu untuk menanggung kepastian serta ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung jadi tiap-tiap bangunan gedung mesti penuhi prasyarat administratif serta prasyarat tehnis bangunan gedung. Orang-orang diusahakan untuk ikut serta serta bertindak aktif dalam pengurusan izin membangun bangunan. Surat izin membangun bangunan IMB adalah surat izin yang dikeluarkan oleh bupati atau walikota, dengan maksud bangunan yang didirikan sesuai sama gagasan tata kota atau tata ruangan kota. Izin ini mencakup pembangunan gedung baru rehabilitasi atau renovasi serta pemugaran dalam rencana melestarikan bangunan sesuai sama kriteria administratif serta kriteria tehnis yang berlaku. Adapun bangunan di sini mencakup bangunan gedung serta non gedung.

Bangunan gedung seperti tempat tinggal atau rumah yang dapat dibeli di Dijual Rumah Surabaya, gedung untuk aktivitas keagamaan, aktivitas usaha, aktivitas sosial, budaya sedang bangunan non gedung mencakup tempat parkir, lapangan tenis, lapangan golf, sumur resapan, tanggul, jembatan penyebrangan, kolam renang, dsb.

Apa sajakah Faedah IMB untuk pemilik

Faedah kepemilikan IMB diantaranya yang memiliki bisa ajukan sertifikat laik manfaat bangunan serta bisa beroleh service sarana umum seperti pemasangan jaringan listrik, air minum, telephone, serta gas.

Langkah mengatur izin membangun bangunan

Dalam izin membangun bangunan ada tata langkah serta sistem yang perlu dikerjakan oleh pemohon. Kriteria proses izin membangun bangunan IMB diantaranya :

Permintaan tercatat bermaterai Rp 6000
Photo di ktp pemohon,
Fotocopy sinyal bukti hak atas tanah bersertifikat atau kesepakatan sewa menyewa tanah bangunan bila tengah dipakai orang lain
Surat pengantar dari kelurahan yang di tandatangani lurah di mana surat info hak atas tanah
Pernyataan tak keberatan atau izin dari tetangga denah atau gagasan tata letak bangunan
Gambar gagasan bangunan
Perhitungan konstruksi bangunan
Foto copy izin prinsip dari bappeda kota untuk bangunan bangunan yang memakai izin prinsip
Fotocopy ijin operasi untuk pemohon yang disebut perusahaan pengembang
Foto copy izin referensi dari departemen agama spesial untuk tempat ibadah


Alur prosedur perizinan IMB :

pemohon ajukan permintaan lewat ktt dengan isi formulir
petugas kpt mempelajari kriteria permintaan serta kelengkapan berkas
berkas yang komplit dibuatkan surat pengantar untuk di sampaikan ke dinas pekerjaan umum serta dilengkapi daftar kelengkapan kriteria
bahan lapangan yang dikerjakan oleh tim tehnis selamat hingga 3 hari kerja mulai sejak diterimanya berkas permintaan.
Setelah itu tim tehnis bakal memberi referensi perizinan dengan menerbitkan ketentuan perizinan KPP sesudah penerbitan ketentuan perijinan dikerjakan oleh KPT, izin bakal diberikan pada pemohon sesudah pembayaran retribusi.


Sekian tadi tata langkah pengurusan izin membangun bangunan IMB bisa kami berikanlah. Yakinkan penuhi kriteria IMB ini pada asset bangunan Anda. Jangan sempat muncul permasalahan masa datang yang sangatlah merugikan investasi Anda. (diambil dari beragam sumber).



SUMBER : http://largeformatscannersbestcheap....-bangunan.html
ben.joesoef is offline   Reply With Quote
Sponsored Links