View Single Post
Old 18th November 2014, 08:02 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2753
Posts: 301
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Skuad Terbentuk, Bagaimana Skema Timnas Indonesia di Piala AFF?



Quote:
VIVAbola - Terjawab sudah nama dua pemain yang harus terdepak dari skuad tim nasional Indonesia untuk Piala AFF 2014. Ahmad Bustomi dan Bayu Gatra harus mengubur mimpi untuk tampil membela Skuad Merah Putih di Vietnam, 22 November-20 Desember mendatang.

Ketika ditanya soal pencoretan kedua pemain itu, pelatih Alfred Riedl tak mau bicara banyak. "Saya tidak bisa berikan jawaban yang pasti. Kalian tidak perlu tahu alasan pasti mengapa saya coret mereka," jelas Riedl ketika ditemui seusai memimpin latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Senin 17 November 2014.

Pencoretan Bustomi cukup mengejutkan. Sebab, pemain Arema Cronus itu dinilai sebagai pemain kesayangan Riedl pada piala AFF 2010 lalu.

Namun, jika melihat komposisi pemain tengah yang dimiliki Indonesia saat ini, keputusan Riedl itu bisa dimaklumi. Bustomi kalah bersaing dengan Immanuel Wanggai, Raphael Maitimo, Manahati Lestusen dan Hariono.

Sementara terdepaknya Bayu Gatra memang sudah diprediksi sebelumnya. Maklum, untuk posisi winger kanan, Riedl sudah memiliki Muhammad Ridwan dan Ramdhani Lestaluhu.

"Banyak pemain yang ada di posisi mereka. Saya harus menentukan siapa saja yang dibawa dan tidak. Saya juga harus menentukan kuota pemain di setiap posisi," ungkap pelatih asal Austria tersebut.

Mengulik Kemungkinan Strategi Skuad Merah Putih

Lantas skema permainan seperti apa yang akan diterapkan Riedl di Vietnam nanti? Jika melihat dalam latihan terakhir, Riedl tampaknya sudah menyiapkan dua formasi untuk Piala AFF, yaitu 4-4-2 dan 4-2-3-1.

Pada latihan Senin kemarin, Riedl selalu menempatkan 2 gelandang bertahan di setiap strategi yang diterapkannya. Pemain yang mengisi posisi itu pun selalu berbeda.

Manahati Lestusen awalnya dipasangkan dengan Immanuel Wanggai. Kemudian, Wanggai berpasangan dengan Hariono.

Opsi lain pun dicoba, Riedl memasangkan Manahati dengan Raphael Maitimo. Lalu ada pula duet antara Firman Utina dengan Wanggai.

Jika menggunakan pola 4-4-2, Riedl menduetkan Boaz Solossa dengan Sergio van Dijk. Lalu dia mencoba Samsul Arif yang dipasangkan dengan Cristian Gonzales.

Saat mencoba formasi 4-2-3-1, Riedl menempatkan Van Dijk sebagai striker tunggal. Untuk penyerang lubang diberikan kepada Boaz Solossa atau Evan Dimas.

"Kami terus mematangkan taktik dan strategi jelang lawan Vietnam," ungkap Riedl.

Firman Resmi Jadi Kapten

Setelah menentukan skuad untuk Piala AFF, Riedl juga langsung memilih pemain yang akan menjadi kapten tim. Gelandang Persib Bandung, Firman Utina, resmi ditunjuk sebagai "tangan kanan" Riedl di atas lapangan.

Menurut Riedl, Firman adalah sosok yang tepat untuk memakai ban kapten Tim Garuda di lengannya. "Jiwa kepemimpinan dia (Firman) bagus. Teladan yang baik bagi semua pemain," jelas Riedl.

Sebagai wakil Firman, mantan pelatih Vietnam itu menunjuk tiga pemain. Mereka adalah Zulkifli Sukur, Muhammad Roby dan Boaz Solossa.

"Jika bermain, Firman jadi kapten. Kemudian Zulkifli, baru Roby. Boaz jadi pilihan keempat," kata Riedl.

Berikut nama-nama pemain timnas Indonesia untuk Piala AFF 2014:

Kiper: Kurnia Meiga Hermansyah (Arema Cronus), I Made Wirawan (Persib Bandung), Dian Agus Prasetyo (Mitra Kukar).

Bek: Ahmad Jufriyanto (Persib Bandung), Zulkifli Syukur (Mitra Kukar), Supardi Nasir (Persib Bandung), Muhammad Roby (Putra Samarinda), Victor Igbonefo (Arema Cronus), Rizki Ripora (Barito Putera), Fachruddin Aryanto (Persepam Madura).

Gelandang: Manahati Lestusen (Persebaya Surabaya), Immanuel Wanggai (Persipura Jayapura), Raphael Maitimo (Mitra Kukar), Hariono (Persib Bandung), Firman Utina (Persib Bandung), Muhammad Ridwan (Persib Bandung), Evan Dimas Darmono (Persebaya Surabaya), Ramdani Lestaluhu (Persija Jakarta), Zulham Zamrun (Mitra Kukar).

Striker: Samsul Arif (Arema Cronus), Sergio van Dijk (Suphanburi FC), Cristian Gonzales (Arema Cronus), Boaz Solossa (Persipura Jayapura).
http://bola.viva.co.id/news/read/559...-di-piala-aff-
akiyamashinichi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links