View Single Post
Old 19th November 2014, 09:38 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default BBM Naik Momentum Tepat Jokowi Benahi Transportasi

Quote:
JAKARTA - Pemerintah telah meresmikan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp2.000 per liter. Penetapan tersebut berlaku efektif pada pukul 00:00 WIB atau 18 November 2014.
Menurut Pengamat Transportasi Darat, Djoko Setijowarno mengungkapkan kenaikan harga BBM merupakan momen yang tepat untuk membenahi transportasi nasional. Pasalnya, pemerintah mendapatkan dana triliunan Rupiah dari kenaikan tersebut.

"Sebanyak 97 persen BBM subsidi dikuras sektor transportasi darat. Kendaraan pribadi 93 persen, angkutan umum hanya 3 persen," kata Djoko melalui pesan singkatnya kepada Okezone, Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Djoko mengatakan, dalam waktu lima tahun ke depan, setidaknya seluruh transportasi umum sudah berbadan hukum di 11 kota metropolitan, 15 kota besar, 60 kota sedang dan belasan kawasan aglomerasi. "Transportasi umum dengan tarif lebih murah, akan mampu menarik minat pengguna sepeda motor," tambahnya.


Dengan transportasi umum berbadan hukum juga memudahkan pemerintah memberikan insentif, namun untuk kendaraan pribadi harus dilakukan beragam disinsentif. Seperti tidak mendapatkan subsidi BBM, tarif parkir yang tinggi.

"Selama 10 tahun masa pemerintah lalu terlalu memanjakan kendaraan pribadi, tapi mengucilkan layanan angkutan umum. Akibatnya banyak kota-kota di Indonesia sudah tidak memiliki layanan transportasi umum lagi alias punah," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links