View Single Post
Old 19th November 2014, 11:04 AM   #58
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Jokowi disarankan tunjuk anak muda pimpin badan ekonomi kreatif

Jokowi disarankan tunjuk anak muda pimpin badan ekonomi kreatif
http://www.merdeka.com/uang/jokowi-d...i-kreatif.html



Quote:
Merdeka.com - Hingga kini, pemerintah masih belum juga memperjelas pembentukan Badan Ekonomi Kreatif sebagai pengganti wacana pembentukan Kementerian Ekonomi Kreatif. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (Hipmi Jaya) meminta agar badan ini nantinya dipimpin pengusaha atau profesional muda.

"Pelaku usaha di industri ini mayoritas anak-anak muda, maka passion-nya ada di anak-anak muda, ada baiknya Bapak Presiden mendorong lembaga ini nantinya dipimpin profesional atau pengusaha muda yang punya pengalaman di bidang ini, sehingga mampu berkomunikasi dan menyerap aspirasi serta kebutuhan industri ini," ujar Ketua Umum Hipmi Jaya Rama Datau di Jakarta, Senin (17/11).

Pemimpin badan khusus ini juga harus mampu berkoordinasi dengan kementerian lainnya. Sebab lembaga ini nantinya akan melibatkan banyak kementerian. Dari data Hipmi Jaya, tahun ini pemerintah menargetkan pertumbuhan sektor ekonomi kreatif mencapai 10 persen terhadap PDB.

Dengan target itu, sektor ekonomi kreatif ditargetkan menjadi tiga besar kontributor untuk Product Domestic Bruto (PDB). Selama ini ekonomi kreatif menempati posisi ketujuh dari 10 sektor ekonomi nasional dengan menyumbang 6,9 persen atau senilai Rp 573,89 triliun dari total kontribusi ekonomi nasional.

Disinggung soal penciptaan lapangan kerja, sektor ini diakui punya peran strategis. Ekonomi Kreatif menempati posisi ke-4 dari 10 sektor ekonomi dalam kategori jumlah tenaga kerja pada tahun 2012.

"Ekonomi Kreatif menyumbang 11.799.568 Orang atau 10,65% pada total angkatan kerja nasional yang sebesar 110.808.154 orang," ujar Rama.

Hipmi Jaya mencatat, usaha di industri ini sekitar 10 persen dari total jumlah usaha di Indonesia saat ini. Periode 2010-2013 industri kreatif rata-rata dapat menyerap tenaga kerja sekitar 10,6 persen dari total angkatan kerja nasional. Itu didorong oleh pertumbuhan jumlah usaha di sektor industri kreatif pada periode tersebut sebesar 1 persen.

Jumlah industri kreatif pada 2013 tercatat 5,4 juta usaha dengan penyerapan angkatan kerja 12 juta jiwa. Kontribusi terhadap devisa negara mencapai Rp 19 triliun atau 5,72 persen dari total ekspor nasional. Dipertengahan tahun, ekspor karya kreatif Indonesia sudah mencapai Rp 63,1 triliun atau tumbuh sebesar 7,27 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote