View Single Post
Old 19th November 2014, 11:26 AM   #60
nonasakamoto
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Ekonom sebut kenaikan harga BBM tak matikan perekonomian

Ekonom sebut kenaikan harga BBM tak matikan perekonomian
http://www.merdeka.com/uang/ekonom-s...ekonomian.html



Quote:
Merdeka.com - Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla disebut-sebut bakal segera menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Kebijakan ini diyakini sebagai solusi menyehatkan anggaran sekaligus meningkatkan perekonomian lantaran beban subsidi dapat dialihkan ke sektor yang lebih produktif.

"Saya rasa kenaikan harga BBM bukan sesuatu yang mematikan ekonomi kita, ini akan menumbuhkan perekonomian kita untuk ke depannya," ujar Country Head dan Chief Country Officer (COO) Citi Indonesia Tigor M Siahaan dalam acara 10 th Annual Capital Market Outlook Citi Securities Services Indonesia di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (17/11).

Senada dengan ekonom lainnya, Tigor menegaskan, dampak kenaikan harga BBM hanya bersifat sementara. Namun untuk jangka panjang, kenaikan BBM terasa manfaatnya. "Dampaknya sebentar tapi jangka panjang sangat baik," ucapnya.

Tigor menyebut, tiap hari pemerintah menggelontorkan anggaran subsidi BBM Rp 1 triliun. Sesungguhnya, dana itu bisa dialihkan ke sektor yang lebih produktif seperti bangun proyek Mass Rapid Transit (MRT).

"Kalau untuk proyek MRT aja, tahap pertama membutuhkan dana sekitar Rp 18 triliun. Kita bisa dapatkan Rp 18 triliun hanya dengan 18 hari jika dana subsidi BBM itu dialihkan," kata dia.

Mengenai inflasi, Tigor menambahkan angka inflasi akibat kenaikan harga BBM diprediksi mencapai 7 persen di akhir tahun, apabila pemerintah menaikkan harga BBM sekitar Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per liter.

"Dengan kenaikan itu, saya rasa tidak akan lebih dari 7 persen," pungkas dia.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote