View Single Post
Old 21st November 2014, 08:24 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Apr 2013
Userid: 967
Location: Jakarta, Indonesia
Age: 25
Posts: 570
Real Name: Nana
Likes: 1
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Tak Andalkan Visa, BI Bakal Bangun Sistem Pembayaran Nasional




(BI) tak akan menggunakan Visa lagi sebagai perusahaan penyedia data interkoneksi untuk layanan pembayaran nasional.

Hal itu dilakukan dalam rangka Bank Indonesia untuk mengurangi defisit neraca transaksi berjalan Indonesia khususnya melalui sektor neraca jasa.

"Pembangunan gerbang pembayaran nasional ini diawali dengan pembentukan switching Kartu Kredit nasional yang dilanjutkan dengan pengembangan sistem yang efisien untuk pembayaran berbagai tagihan rutin," kata Agus dalam Bankers Dinner di JCC, Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Dalam melakukan pembayaran‎ melalui kartu kredit, biasanya perbankan akan dikenakan charge oleh Visa baik untuk transaksi dalam negeri atau bersifat lintas negara.

Oleh karena itu, nantinya perbankan dalam penggunaan transaksi kartu kredit untuk pembayaran dalam negeri tidak akan dikenakan charge‎. Jika akan digunakan untuk transaksi antar negara atau antar mata uang akan melalui Visa.

Untuk itu Bank Indonesia menargetkan sudah dapat mengadopsi sistem pembayaran yang terintegrasi layaknya sistem yang dimiliki Visa pada 2015, untuk kemudian diterapkan oleh perbankan.

"Awalnya penyelenggara sistem tersebut akan dipegang oleh BI, nanti kalau ada‎ lembaga yang lebih baik dan tidak berorientasi profit sendirian, dan menjaga tingkat evisiensi, itu akan disalurkan‎ ke mereka," pungkas Agus.



sumber
miss_nha is offline   Reply With Quote
Sponsored Links