View Single Post
Old 23rd November 2014, 10:42 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mengelola Uang di Zaman Serba Mahal (1)

Quote:
JAKARTA - Mengelola keuangan bukanlah perkara yang mudah. Harus teliti sebab saat ini harga-harga serba mahal.

Berbicara mengenai keamanan finansial, sebenarnya tergantung pada sikap dan keyakinan tentang uang dan kesediaan seseorang berkorban untuk masa depan. Namun banyak yang belum mengetahui hal tersebut.

Pada dasarnya, wanita memiliki peranan yang penting dalam mengatur keuangan keluarga. Pasalnya wanita kerap berperan sebagai "manager" dan bendahara keluarga.

Sebuah studi yang dilakukan Pusat Nasional untuk Perempuan dan Penelitian Pensiun (NCWRR) menunjukkan adanya korelasi langsung antara karakteristik kepribadian wanita dan kebiasaan finansial.

Ketegasan, keterbukaan terhadap perubahan, dan pandangan optimistis, adalah salah satu langkah penyelamatan dan objektif keuangan yang cerdas.

Berikut ini sepuluh hal paling penting yang dapat dilakukan oleh wanita, baik yang sudah berkeluarga maupun si lajang di masa depan, seperti dilansir dari about.com, Minggu (23/11/2014).

1. Tetapkan tujuan keuangan Anda.

Buatlah perencanaan dalam anggaran keuangan Anda. Selain itu, hal yang paling penting adalah mematuhi anggaran yang telah ditetapkan, sehingga pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.

2. Jangan jadikan uang untuk membuat perasaan Anda lebih baik.

Anda tidak perlu menjadikan uang sebagai alasan baik atau buruknya perasaan Anda. Sebaliknya, lakukan hal-hal yang lebih produktif dan mengasah kreativitas dengan uang tersebut.

3. Kecilkan pengeluaran dari pendapat Anda.

Usahakan membuat tabungan harian. Ingat prinsip kecil-kecil menjadi bukit. Sedikit-sedikit menjadi selangit.

Pelajari tentang pengelolaan uang dan investasi menjadi sangat baik untuk dilakukan.

4. Fokus pada pendidikan.

Rata-rata, orang dengan gelar sarjana menghasilkan lebih banyak uang secara signifikan daripada mereka yang tidak memiliki gelar.

Namun, kini zaman terus berkembang. Dalam sebuah pekerjaan tertentu dituntut untuk strata pendidikan yang lebih tinggi seperti S2 atau S3. Jadi mulai pikirkan.

5. Menyiapkan dana darurat.

Kehilangan pekerjaan atau adanya tagihan tak terduga bisa memaksa Anda untuk berhutang. Nah, untuk mengantisipasi hal seperti itu, ada baiknya untuk menyiapkan dana darurat dari uang belanja atau dana yang didebit dari awal bulan. (bersambung)
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links