View Single Post
Old 23rd November 2014, 10:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Sebelum Ajukan Kartu Kredit, Perhatikan Tiga Hal Ini

Quote:
JAKARTA – Sebelum mengajukan kartu kredit, ada baiknya dipertimbangkan secara bijak. Mengajukan kartu kredit disarankan memang karena kebutuhan dan bukan karena mengikuti tren gaya hidup.

Tidak mengherankan, kartu kredit kini menjadi andalan. Sebab fasilitas yang diberikan kartu kredit pun sangat menggiurkan, mulai dari potongan harga dan cicilan bunga nol persen.

Tetapi Anda harus tetap waspada. Pada dasarnya kartu kredit bukan berarti Anda memiliki uang lebih. Namun ketika Anda menggunakan kartu kredit dalam sebuah transaksi, itu artinya Anda memiliki utang.

Permasalahan mengenai utang kredit banyak melanda pada masyarakat, khususnya mereka yang belum mampu mengelola keuangan dengan baik. Biasanya, masalah ini terletak pada pengambilan kredit yang terlalu banyak, sehingga meminjam lebih dari kemampuan dan gagal untuk membayarnya.

Untuk itu, sebelum Anda mengajukan kartu kredit ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini uraiannya seperti dikutip about.com, Minggu (23/11/2014).

1. Siapkan mental dan jujur

Ada hal-hal tertentu yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan pembukaan kartu kredit Anda. Perhitungkan penghasilan Anda setelah dikurangi pengeluaran rutin setiap bulan. Pastikan secara cermat kemampuan anggaran Anda secara detail.

Pada sejumlah bank, terdapat beberapa persyaratan untuk membuka kartu kredit.

Patuhi secara jujur. Sebab dalam mengatur persyaratan, pihak bank sudah memperhitungkan kemampuan kredit nasabah.

Penerbit kartu kredit hanya akan meminta Anda untuk memiliki penghasilan tetap dan di beberapa tempat melihat sejarah kredit Anda.

Anda juga harus cukup bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan sehingga bisa melakukan pembayaran Anda setiap bulan.



2. Cukup satu kartu kredit

Bagi pemula, satu kartu kredit saja sudah cukup. Mempunyai lebih banyak uang bukan berarti Anda harus bisa memegang banyak kartu kredit. Mengelola beberapa kartu kredit membutuhkan kedisiplinan dan manajemen yang baik.

Anda harus cek saldo, kredit yang tersedia, jumlah pembayaran, dan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan. Pastikan Anda tidak melakukan transaksi kredit lebih dari yang bisa Anda bayar.

3. Pahami Aturan Kredit

Pahamilah persyaratan dan ketentuan dalam kartu kredit atau pinjaman Anda. Ini merupakan kunci untuk menjaga akun Anda dalam performa yang baik.

Sebuah studi 2013 dari JD Power and Associates mengungkapkan bahwa hanya 47 persen dari nasabah kartu kredit benar-benar memahami istilah kartu kredit mereka. Jika Anda mengerti aturan kartu kredit atau pinjaman, Anda akan lebih mudah untuk tidak membuat kesalahan yang besar.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links