View Single Post
Old 23rd November 2014, 10:48 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menpupera Gandeng Korea Bangun Waduk Karian di Lebak

Quote:
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA) Basuki Hadimoeljono bekerja sama dengan pemerintah Korea untuk mempercepat pembangunan Waduk Karian di Jawa Barat. Waduk ini nantinya berguna untuk mengatasi banjir dan longsor di sekitar wilayah tersebut.

Dilansir dari laman resmi Kemenpupera, Minggu (23/11/2014) waduk seluas 2.100 hektare (Ha) ini memerlukan pembebasan lahan di 11 desa. Pembangunannya diperkirakan menelan dana sebesar Rp1,7 triliun. Sebagian besar dana tersebut dari perusahaan Korea International Cooperation Agency (KOICA) Korea Selatan sebesar USD100 juta.


“Harus ada time frame untuk dapat segera melakukan pekerjaan dan menyelesaikan Waduk Karian. Namun saat ini masih dalam proses re tender yang cukup lama. Sehingga saya minta bantuan Pemerintah Korea untuk dapat membantu percepatan pembangunan waduk tersebut,” kata Menteri Basuki.

Saat ini, proses pembangunan Waduk Karian masih dalam re-tender. Untuk itu, Menteri PU-PERA meminta kerja sama pemerintah Korea untuk dapat mempercepat pembangunan Waduk Karian.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Korea untuk Indonesia sangat mengapresiasi informasi tersebut dan akan segera ditindaklanjuti. Dikarenakan hubungan bilateral antara Indonesia – Korea saat ini sudah sangat baik. Proporsi kerja sama Pemerintah Korea di bidang infrastruktur saat ini sebesar 2,9 persen.

Selain untuk mengatasi banjir, waduk tersebut nantinya juga ditujukan untuk mencukupi kebutuhan air di kawasan Tangerang, Serang, dan Cilegon dengan kapasitas 9,1 meter kubik per detik, keperluan irigasi di kawasan Ciujung 5,5 meter kubik per detik, dan penambahan air baku di DKI 6,6 meter kubik per detik.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links