View Single Post
Old 23rd November 2014, 05:11 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2790
Posts: 383
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Resep Membuat Oncom Goreng Pedas

Oncom adalah makanan yang sudah sangat terkenal di penjuru nusantara ini, khususnya daerah Jawa Barat pasti tidak asing lagi jika mendengarnya. Oncom merupakan produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, yang mirip dengan pengolahan tempe. Nah, oncom ini bisa diolah menjadi berbagai resep masakan yang enak, dan salah satunya adalah oncom goreng ini. Cara membuat oncom goreng sangatlah mudah, bagi bunda yang baru belajar tak perlu khawatir.



Bisa dobilang oncom ini merupakan makanan yang sangat populer sekali, apalagi macam varian masakan yang membuatnya banyak diburu oleh semua orang. Sekilas hampir sama dengan aneka macam gorengan seperti Resep Tempe Mendoan yang hampir sejenis. Cocok banget kan bunda jika menyajikannya di kala sore hari sedang beristirahat setelah seharian bekerja sambil ngobrol-ngobrol di teras depan rumah ditemani dengan secangkir kopi atau teh.
Resep Membuat Oncom Goreng
Bahan:

Oncom 2 papan, dipotong kotak
Terigu 300 gram
Air bersih secukupnya
Daun Bawang 4 batang, cincang halus
Kemangi 2 ikat, petik kuntum
Minyak Goreng secukupnya


Bumbu yang dihaluskan:

Bawang Putih 6 siung
Garam secukupnya
Merica Bubuk secukupnya
Penyedap rasa secukupnya


Cara Membuat Oncom Goreng

Oncom dicuci sampai bersih kemudian tiriskan.
Setelah itu buat adonan untuk mencelupkan oncom, campurkan tepung terigu yang telah diencerkan dengan air, usahakan jangan terlalu kental ataupun terlalu encer.
Masukkan irisan daun bawang dan juga daun kemangi serta bumbu yang dihaluskan, aduk hingga rata dan cicipi sedikit apakah rasanya sudah pas atau ada yang kurang.
Setelah itu celupkan oncom yang sudah dipotong kotak kedalama adonan celupan kemudian goreng dalam minyak goreng sampai warnanya menjadi keemasan dan matang.
Setelah matang angkat kemudian sajikan selagi hangat.


SUMBER: Oncom Goreng
HeadlineNews is offline   Reply With Quote
Sponsored Links