View Single Post
Old 25th November 2014, 09:25 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Alasan Nelayan Asing Tempati Pulau Indonesia

Quote:
JAKARTA - Asal mula manusia perahu atau nelayan asing yang kedapatan bermukim di Pulau Derawan Indonesia, lantaran karena konflik di negara asalnya.
Wakil Bupati Berau Kalimantan Timur, Ahmad Rivai mengatakan, ada sekitar 526 manusia perahu yang tertangkap oleh Pemda Berau lantaran tengah menangkap ikan di perairan Indonesia, dan juga bermukim di pulau-pulau kosong Indonesia.

"Ini murni mereka orang-orang yang hidupnya tidak menentu dan terdesak. Murni karena konflik di Filipina orang bajau itu. Mereka ini bangsa tersudut dan akhirnya masuk ke Malaysia," kata Rivai saat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (24/11/2014).

Di Malaysia, sambung Rivai, keberadaan manusia perahu ini terancam, lantaran pemerintah Malaysia tengah gencar melakukan perkembangan pariwisata.

"Di Malaysia sedang gencar pariwisata akhirnya diusir mereka ini. terdesak mereka dan hanyut masuk ke wilayah kita. Dia tidak punya warga negara. Bahasa Tagalok mereka bilang dari Sampoerna. Ini harus duduk ketiga negara ini. Tidak ada penguasaan pulau," tambahnya.

Bahkan, Rivai mengungkapkan bahwa nelayan asing ini sama sekali tidak tahu menahu soal penerapan hukum yang berlaku di setiap negara-negara khususnya sektor kemaritiman. Sebab, hidup manusia perahu ini dihabiskannya di atas perahu, sekalipun dalam soal beranak pinak.

"Mereka ini tangkap ikan lumba-lumba, ikan pari kecil di Malaysia dijual dan harganya mahal. Mereka ini kan jelek. Jadi ini sebenarnya ada badan dunia yang menangani ini mereka ini diapakan. Lahir di perahu besar di perahu," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links