View Single Post
Old 25th November 2014, 09:32 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Puspayoga Targetkan Miliki Data Base Koperasi & UKM

Quote:
JAKARTA - Menteri Koperasi & UKM Anak Agug Gede Ngurah Puspayoga menginginkan Kementerian yang saat ini dipimpinnya memiliki data base mengenai Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi di Indonesia.
Pasalnya, saat ini pihak kementeriannya hanya memiliki data pada 2006, dan hal tersebut akan menyulitkan pada saat membuat perencanaan. Untuk itu, dirinya mengaku tengah berkoordinasi dengan Bappenas, 23 Kementerian dan Lembaga yang menaungi UKM, serta masing-masing Kelapa Daerah untuk mengumpulkan data.

Di bawah ini adalah petikan wawancara redaksi Okezone dengan Puspayoga belum lama ini.


Jumlah UKM dan Koperasi di Indonesia saat ini ada berapa?



Kita belum ada data base, masih koordinasi dengan Bappenas. Yang sekarang ini, koperasi ada 206.000, yang aktif sekira 70 persen. Tapi yang ikut Rapat Anggota Tahunan (RAT) cuma 50 persen, 50 persennya lagi enggak, jadi yang aktif cuma 35 persen ya. Kalau UKM, di 2006 saja datanya sudah 57 juta.

Bentuk koperasinya paling banyak yang seperti apa pak? Kalau program Koperasi yang paling banyak?

Yang paling banyak Koperasi simpan pinjam. Kredit Usaha Rakyat (KUR) itu bank yang laksanakan, masih dibutuhkan oleh masyarakat, tapi NPL (rasio kredit bermasalah) sudah 4,2 persen secara nasional. Ini lampu merah, malah kalau didaerah-daerah tertentu bisa 20 persen atau 12 persen.

Target punya data base kapan pak ?

Mudah-mudahan 2015 sudah digarap Bappenas. saya sudah bertemu dengan Andrinof (kepala Bappenas).



Setelah punya data base itu, apa rencana bapak?

Nantinya, program-programnya berdasarkan data base itu. Karena kalau kita gak punya data base, perencanaannya seperti apa itu agak sulit. Menentukan Indikator berhasil atau tidak juga sulit. Kita punya data terakhir itu 2006. Sudah lama sekali. Sudah jauh.

Selama tunggu data base jadi, ada rencana pak ?

Di Indonesia ada 23 kementerian dan lembaga yang menangani UKM, pasti mereka punya data masing-masing. Itu di luar data-data UKM yang dimiliki perbankan. Kita akan koordinasikan dan juga di daerah-daerah juga sudah ada data tuh. Nanti kita kumpulkan juga. Cuma enggak semua data UKM daerah bagus, cuma Jawa, Bali dan Sulawesi yang bagus.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links