View Single Post
Old 26th July 2012, 10:49 PM   #10
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by BudakBandel View Post
betol banget brath..ane pasti nonton tuch acara pembukaannya
mantap brath, nanti share ya disini gimana pembukaannya, pasti spektakuler.
moga2 venue lainnya segera selesai, mengingat ada beberapa venue yang belum selesai

16 Juli 2012
11 Venue PON XVIII Belum Selesai
Pembukaan Ditunda





suara merdeka

Quote:
PEKANBARU-Sedikitnya ada 11 venue yang akan dipakai untuk menggelar pertandingan PON XVIII Riau, 9-20 September mendatang, belum selesai dikerjakan.

Sebanyak 11 tempat pertandingan tersebut diantaranya meliputi lapangan cabang olahraga sepak takraw, gulat, menembak, bowling, panahan, bola voli, tenis, wushu, anggar, baseball dan lapangan soft ball.

Berdasar pantauan Suara Merdeka di lapangan, proses pengerjaan venue-venue tersebut baru mencapai antara 70-90 persen. Pihak Pengurus Besar (PB) PON menarget seluruh tempat pertandingan bisa selesai awal Agustus mendatang.

Salah satu contoh adalah venue panahan yang berlokasi di Kompleks Universitas Islam Riau (UIR). Kini, pengerjaan sudah mencapai 75 persen. “Tinggal pekerjaan memasangan rumput, memasang kanopi dan pengecatan. Daya tampung penonton di sini mencapai 1.000 orang,” kata Kabid Sarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Zulkifli Rahman di Pekanbaru, kemarin.

Selain panahan, lapangan tenis yang berada di kawasan PTPN Riau, kondisinya hampir sama. Namun, secara umum, pengerjaan lebih maju, yakni sudah mencapai 90 persen. Di samping venue tenis, juga disiapkan lapangan untuk latihan dan kini sudah bisa dimanfaatkan untuk pertandingan.“Gedungnya sudah jadi, tinggal memasang atap dan finishing yang lain,” ujar Zulkifli.

Di Luar Negeri

Sementara itu, acara pembukaan PON dipastikan diundur dua hari. Semula, event empat tahunan itu dijadwalkan dibuka pada 9 September bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), namun pada hari yang bersamaa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang ada agenda di luar negeri, maka pembukaan baru bisa dilakukan pada 11 September, malam hari. “Meski upacara pembukaan diundur, jadwal pertandingan tetap berjalan seperti semula. Bahkan, beberapa pertandingan ada yang mulai lebih dulu, seperti sepak bola,” kata Ketua Harian PB PON Syamsurizal.

Menurutnya, pembukaan akan dipusatkan di Stadion Utama Riau yang saat ini dipakai tempat pertandingan sepak bola babak kualifikasi Piala Asia U-22. Sebenarnya, sejumlah pekerjaan masih menumpuk di lokasi tersebut, antara lain akses masuk dari jalan raya menuju stadion dan pembuatan lahan parkir. Namun, untuk kondisi stadion dinyatakan sudah siap.

Dia menambahkan, penginapan para atlet dalam satu kontingen nanti dipisah. Jadi, seandainya Jateng membawa puluhan atlet dari berbagai cabang olahraga, maka semuanya akan dipisah sejak kedatangan di Bandara.

Kemudian, mereka akan dikelompokkan dengan atlet dari daerah lain berdasarkan cabang-cabang olahraga. Selanjutnya, mereka dikumpulkan dalam satu tenda sesuai nama cabang hingga 30 orang. “Jika sudah sampai 30an orang, nanti akan diberangkatkan menuju wisma atlet. Kami telah menyiapkan wisma atlet yang berdekatan dengan venue pertandingan, seperti di daerah Awal Bros dan di kampus-kampus. Jadi, kami sampaikan sejak sekarang bahwa penginapan satu kontingen tidak sama. Soal keberangkatan dari wisma atlet menuju venue akan diantar pakai bus,” ungkapnya.

Sementara itu, dari 39 cabang yang akan dipertandingkan, 27 cabang olahraga diantaranya akan dipertandingkan di Kota Pekanbaru, selebihnya akan tersebar di berbagai kabupaten/ kota di Provinsi Riau. (K4-70)
endar.agustyan is offline   Reply With Quote