View Single Post
Old 26th November 2014, 10:59 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Presiden Jokowi Targetkan Pembangunan Tol 1000 km


Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan 1.000 km jalan tol baru yang tersebar di 25 ruas tol di seluruh Indonesia. Pembangunannya diusahakan tidak akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, untuk pembangunan jalan tol akan diserahkan pendanannya ke pihak swasta. Namun, itu berlaku hanya untuk di Pulau Jawa.

“Jalan tol nggak usah lewat APBN, kecuali yang di luar Jawa. Itu pun (tol luar Jawa) kalau bisa dilakukan BUMN,” kata dia usai menghadiri acara Indonesia Economic Forum di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Ia menambahkan, dana APBN terutama setelah ditambah dengan dana hasil realokasi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM), akan dimanfaatkan untuk pendanaan proyek infrastruktur dasar. Artinya, infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat dan tidak menguntungkan dari sisi bisnis akan digarap menggunakan dana APBN.

“Seperti jalan raya, bendungan, irigasi untuk petani, dan sebagainya. Itu yang dasar-dasar pokoknya,” sebutnya.

Setelah melakukan pemangkasan subsidi BBM, diproyeksikan pada 2015 ada dana Rp 100 triliun yang bisa dimanfaatkan pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

Berdasarkan data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Jokowi punya rencana membangun jalan (non tol) baru sepanjang 2.650 km di seluruh Indonesia. Hal ini bagian dari program Jokowi dalam meningkatkan konektivitas di dalam negeri.

Selain itu, ada juga pembangunan 50 bendungan, rehabilitasi irigasi, dan pembangunan 1 juta hektar jaringan irigasi baru hingga akhir periode pemerintahan pada 2019. (finance.detik.com).
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links