View Single Post
Old 26th November 2014, 04:02 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2790
Posts: 383
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Talking Resep Nasi Ulam Khas Betawi Enak Lezat

Nasi ulam adalah hidangan yang berasal dari betawi asli. Nasi ulam merupakan hidangan nasi putih biasa yang disajikan ebrsama dengan lalapan sayuran mentah seperti kol, tauge dan juga duan kemangi kemudian diberi taburan parutan kelapa yang sudah ditaburi dengan bumbu pedas sehingga terasa makin sedap. Biasanya dalam menyajikan nasiulam ini ditambahkan dengan krupuk sebagai pelengkapnya.

Bisa dikatakan nasi ulam ini merupakan hidangan yang simple untuk disajikan, karena bahan yang digunakan sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuatnya. Bagi anda yang suka makan dengan lalapan sayuran mentah, bisa langsung cuuss untuk mencoba. Hanya sedikit saran dari saya nih bun, karena sayuran yang digunakan dalam membuat nasi ulam dalam kedaan mentah, uasahakan cuci dahulu sayuran tersebut hingga bersih supaya kesehatan bunda dnan keluarga tidak terganggu.
Resep Membuat Nasi Ulam
Bahan nasi:

Beras 400 gram
Daun Salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm
Garam 1 sendok teh
Air 1/2 liter
Serai 2 batang dimemarkan
Jahe 1 cm, dimemarkan

Bahan serundeng kelapa parut:

Kelapa setengah tua 1/2 butir, parut lalu sangrai sampai kering
Ketumbar sangrai 1/2 sendok teh
Jintan 1/8 sendok teh
Terasi 1/4 sendok teh
Cabe merah 2 buah
bawang merah 4 butir
Serai 1/2 batang dimemarkan
Gula merah 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Minyak goreng 1 sendok makan

Bahan pelengkap:

Mentimun 1 buah, potong sesuai selera
Daun Kemangi secukupnya
Tauge secukupnya, seduh dahulu dengan air
Daun bawang 1 sendok makan
Emping goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Ulam

Cuci beras sampai bersih, kemudian masak beras dengan air, pandan, daun salam, lengkuas, garam, serai, jahe, sampai menjadi nasi aron yang agak matang. Setelah itu angkat.
Setelah itu siapkan panci pengukus untuk mengukus nasi sekitar 30 menit atau sampai benar-benar matang kemudian angkat.
Setelah itu aduk nasi ulam selagi masih panas sambil dikipasi dan diaduk sampai menjadi nasi pulen kemudian sisihkan.
Selanjutnya adalah membuat serundneg kelapanya dengan cara menghaluskan bawang merah, cabe, serai, terasi, ketumbar dan juga jintan.
Setelah itu panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian tumis bumbu yang dihaluskan tadi sampai baunya harum serta tambahkan garam dan gula pasir lalu aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
Selanjutnya masukkan kelapa yang sudah diparut dan disangrai tadi kemudian aduk lagi hingga tercampur rata dan menjadi kering.
Setelah semua bahan selesai diolah tinggal disajikan.
Cara menyajikannya dengan menyiapkan piring saji kemudian ambil nasi ulam dalam mangkok lalu cetak dalam piring tersebut kemudian taburi dengan kelapa sangrai diatas nasi dan juga tambahkan bahan pelengkapnya.

Nasi ulam khas betawi siap untuk disuguhkan.. Nasi ulam ini bisa juga bunda sajikan di pagi hari ketika masih hangat. Bunda juga bisa menambahkan aneka macam tumisan atau lauk lainnya sesuai dengan selera bunda dan keluarga.

SUMBER: Nasi Ulam Ala Betawi
HeadlineNews is offline   Reply With Quote
Sponsored Links