View Single Post
Old 27th November 2014, 08:20 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Sofyan Djalil: Buruh Harus Lihat Kemampuan Industri

Quote:
JAKARTA - Para buruh meminta penghitungan Upah Minimum Provinsi (UMP) mengacu kepada kurs dolar Amerika Serikat (AS). Padahal sudah ada penetapan UMP untuk tahun 2015 di beberapa provinsi, seperti halnya DKI Jakarta yang sebesar Rp2,7 juta.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil meminta kepada buruh jangan melihat semua industri sama. Alangkah baiknya, buruh ini melihat kemampuan industrinya.

"Wah enggak itu, yang namanya minta sih boleh, tapi kan harus kita lihat juga kemampuan industri," kata Sofyan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Menurut Sofyan, permasalahan kenaikan upah buruh ini sebenarnya tidak akan menjadi masalah setiap tahun jika sudah mengetahui antara kemampuan industri dengan kondisi ekonomi saat ini.

"Ya itu kita harus kritis karena ongkos buruh UMP itu ditetapkan oleh provinsi. Negosiasinya yang lama, oleh karena itu perlu kita pikirkan ke depan bagaimana suatu mekanisme supaya masalah ini teratasi," kata Sofyan.

Untuk itu, Sofyan menilai memang diperlukannya kawasan industri yang baik, yang dimana pemerintah ikut membantu membangun rumah, sekolah maupun fasilitas kesehatan.

"Sehingga dengan demikian buruh tidak perlu banyak bergerak, sehingga mungkin untuk kenaikan upah tiap tahun jadi berkurang. Harus dibikin secara sistemik," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links