View Single Post
Old 27th November 2014, 08:38 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 2 Nov 2014
Userid: 2780
Posts: 711
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Ada Apa dengan Rusia ?



Sebuah tindakan tidak biasa dalam pergerakan pesawat terbang Rusia di seluruh wilayah udara Eropa dalam beberapa hari terakhir dan baru-baru ini ada kapal selam rusia yang muncul di Swedia yang membuat pejabat NATO meningkatkan kewasapadaan.

Menurut laporan BBC 1 November 2014, dalam tiga hari terakhhir, sudah dua kali Bomber Rusia mendekati wilayah udara Inggris dan dicegat oleh jet RAF dari base Lossiemouth.

Menurut Menteri Pertahanan Inggris, dua Bomber Tu-95 Rusia terbang di wilayah udara internasional, mendekati wilayah Inggris

Bahkan radar NATO mendapatkan gambar rangkaian formasi “manuver militer yang signifikan”, yang bergerak dari Laut Hitam menuju Samudera Atlantik.

Sebelumnya, sekelompok pesawat bomber militer Rusia dan pesawat tanker, terbang dengan kedok latihan militer, yang terdeteksi dan dimonitor dari Laut Baltik, Laut Utara dan Laut Hitam pada hari Selasa dan Rabu.

Penerbangan mereka menjadi “tingkat yang tidak biasa dari aktivitas udara di atas wilayah udara Eropa,” menurut siaran pers dari NATO.

Yang menambah kekhawatiran NATO, tidak ada pesawat Rusia yang mengajukan rencana penerbangan atau mempertahankan kontak radio dengan otoritas penerbangan sipil atau menggunakan salah satu transponder onboard milik mereka.

“Ini menimbulkan risiko potensial untuk penerbangan sipil sebagai pengontrol lalu lintas udara dan kami tidak dapat mendeteksi pesawat ini atau memastikan tidak ada gangguan dengan lalu lintas udara sipil,” kata NATO dalam rilis mereka.

Kekhawatiran tersebut juga disuarakan oleh seorang pejabat AS yang berbicara dengan CNN yang mencatat bahwa, tidak ada interaksi baru antara AS dan pesawat Rusia di titik ini. NATO mengatakan bahwa dalam jangka waktu 24 jam berakhir Rabu malam, ada lebih dari 19 kasus pesawat Rusia di wilayah udara Eropa.

Menurut NATO, pesawat F-16 Norwegia yang mencegat delapan pesawat Rusia terbang di atas Laut Utara. Sementara beberapa pesawat kembali menuju Rusia, dua Tu-95 pembom Rusia melanjutkan penerbangan mereka, dan telah diidentifikasi dan dicegat oleh F-16 dari Portugal.

AU Inggris juga bergegas dalam menanggapi dua pesawat Rusia ke arah barat di atas Samudera Atlantik.

NATO mengatakan dua pesawat Rusia kemudian melanjutkan jalur penerbangan kembali menuju Rusia namun kedua pesawat masih di udara.

April: Jet tempur Belanda mencegat 2 pembom Rusia di wilayah udara mereka.

Seorang pejabat NATO mengatakan kepada pers, NATO percaya penerbangan baru-baru ini adalah awal yang mungkin untuk latihan pesawat tanpa pemberitahuan Rusia.

Tapi para pejabat telah mencatat pola konstan penerbangan militer Rusia di seluruh wilayah udara NATO selama beberapa minggu terakhir. jika diamati ada sedikit perilaku provokatif -seperti melakukan manuver rollovers dan buzzing- oleh pilot Rusia di saat pertemuan mereka dengan pesawat NATO.

Insiden terbaru ini juga datang pada saat panggilan internasional kepada pesawat Rusia atas tindakan mereka di luar perbatasan.
September: Pesawat Rusia dicegat dekat AS, wilayah udara Kanada.

Dukungan Rusia terus untuk pemberontak separatis di timur Ukraina, bersamaan dengan rencana mengakui pemilu kontroversial oleh pemberontak pada bulan depan, tampak sebagai upaya Rusia untuk melawan sanksi dari Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Oktober: Kapal selam yang diduga milik Russia muncul di Swedia.

Sehari sebelum kapal selam muncul, operator intelijen Swedia menemukan percakapan radio di Rusia pada frekuensi biasanya disediakan untuk keadaan darurat. Sinyal radio lain dicegat sehari setelah kapal selam muncul, tapi kali ini isimya dienkripsi. Namun, laporan ini mengatakan, intelijen Swedia mampu menentukan lokasi dari para penyusup. Salah satunya adalah di perairan Stockholm, sementara yang lain bisa dilacak ke Kaliningrad, pelabuhan yang merupakan rumah dari armada Rusia. Untuk mengatasi ini, Swedia mengerahkan 200 tentara yang dimobilisasi bersama dengan helikopter, kapal penyapu ranjau dan korvet anti-kapal selam yang dilengkapi dengan radar anti-stealth.

Dan dilaporkan sebuah jaringan komputer unclassified yang digunakan oleh Gedung Putih, telah di-hack dan diyakini hacker itu berasal dari Rusia, ujar dua pejabat AS yang melacak jejak hacker.

Belum jelas apa maksud Rssia dengan semua provokasi beruntun ini. Mungkin Russia hanya menguji kemampuan NATO atau ada maksud lain ?. Menurut wajagers kira-kira ada apa dengan Rusia ?.

by : Alto Daris, Biro Bogor.

Sumber: CNN, The Guardian, BBC.
supry is offline   Reply With Quote
Sponsored Links